London (ANTARA News) - Senin ini adalah hari pertama pertandingan tenis Grand Slam Wimbledon dan ini adalah lima fakta hari pertama Wimbledon di All England Club hari ini seperti dikutip AFP:

1. Mantan juara Wimbledon Lleyton Hewitt bermain untuk ke-17 kalinya --sekaligus yang terakhir-- pada Wimbledon tahun ini dan mulai menghadapi petenis Finlandia Jarkko Nieminen di Lapangan Dua.
    Hewitt adalah salah satu dari sembilan petenis putra Australia yang tampil pada turnamen ini hari ini. Sebelas petenis putra Australia bermain pada turnamen ini, yang terbanyak di Wimbledon sejak 2000 ketika saat itu ada 11 pemain Australia.

2. Hewitt menjadi satu-satunya unggulan utama yang tersungkur pada babak pertama Wimbledon selama era Terbuka ketika dikalahkan Ivo Karlovic pada 2003. Juga menjadi juara bertahan terakhir yang kalah pada putaran pertama turnamen ini.

3. Unggulan utama sekaligus juara bertahan Novak Djokovic memulai laga dengan melawan Philipp Kohlschreiber dan berusaha menciptakan rekor sebagai pemain yang selalu lolos ke putaran dua Wimbledon. Terakhir kali tersisih pada putaran pertama Grand Slam terjadi saat kalah pada putaran pertama Australia Terbuka 2006 dari Paul Goldstein.

4. Serena Williams, yang menghadapi Magarita Gasparyan Senin ini, menjadi pemain yang hampir menyamai rekor kemenangan gabungan para pemain aktif lainnya dalam turnamen ini. Petenis Amerika Serikat ini telah menjuarai 20 turnamen Grand Slam, atau hanya berselisih satu gelar dengan 21 gelar Grand Slam yang dipersembahkan gabungan Venus Williams (tujuh kali), Maria Sharapova (lima kali), Victoria Azarenka, Svetlana Kuznetsova dan Petra Kvitova masing-masing dua kali, serta Ana Ivanovic, Francesca Schiavone dan Sam Stosur masing-masing satu kali.

5. Jika Maria Sharapova, yang menghadapi Johanna Konta hari ini, menjuarai Wimbledon 2015, maka dia akan menjadi petenis yang paling lebar selisih tahun menjuarai lagi Wimbledon pada era Terbuka.  Sebelas tahun silam Sharapova menjuarai Wimbledon pertamanya. Martina Navratilova menjadi satu-satunya pemain yang menjuara lagi turnamen ini dalam rentang waktu yang sangat lebar karena dia pertama juara pada 1978, dan menjuarai laginya pada 1990.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015