Sekarang, saya tinggal membuat anak-anak lebih fokus lagi
Jakarta (ANTARA News) - Tim bulu tangkis junior Indonesia memastikan diri sebagai juara grup D Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2015 setelah mengalahkan tim India 4-1 dalam pertandingan yang digelar di Bangkok, Thailand, Senin.

"Hasil ini sesuai perkiraan, kami menang. Kami tadi mengkhawatirkan partai ganda putra, tapi bisa menang. Justru kami kecolongan poin pada partai tunggal putri," kata Manajer Tim Indonesia dalam Kejuaraan Junior Asia Umar Djaidi seperti dikutip Tim Humas dan Media Sosial Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang diterima Antara di Jakarta, Senin.

Umar mengaku yakin tim junior Indonesia mampu menang dan mengambil poin pada pertandingan berikutnya.

"Sekarang, saya tinggal membuat anak-anak lebih fokus lagi," kata manajer asal Klub Mutiara Cardinal Bandung itu.

Pasangan ganda putra Andhika Ramadiansyah/Yahya Adi Kumara membuka kemenangan untuk tim Indonesia setelah mengalahkan pasangan Madathil Ramachandran Arjun/Shetty Chirang Chandrashekhar dalam waktu 52 menit dengan 21-14, 19-21, 21-17.

Namun, Greogria Mariska yang turun pada partai tunggal putri gagal menambah keunggulan bagi tim Merah-Putih. Gregoria kalah oleh Pardeshi Shriyanshi dalam rubber game dengan skor 15-21, 21-11, 16-21.

Pada partai tunggal putra, Firman Abdul Kholik mampu menyumbang poin bagi Indonesia setelah menaklukkan tunggal putra India Sen Chirag dengan skor 15-21, 21-14, 21-8.

"Pada game pertama lawan tidak gampang dimatikan. Dari serangan dan pertahanan lawan juga bagus. Sementara ketika ambil pola serangan dan tidak tembus, emosi saya keluar sehingga strategi saya justru terganggunya," kata Firman selepas pertandingan.

Pasangan ganda putri Apriani Rahayu/Nisak Puji Lestari menentukan kemenangan Indonesia setelah mengalahkan ganda putri India Wadkar Karishma Sandeep/Jayakumar Malavika dengan skor 21-13, 21-19.

Pada partai terakhir, ganda campuran Beno Drajat/Yulfira melengkapi poin bagi Indonesia dengan menundukkan asangan Madathil Ramachandran Arjun/Garg Kuhoo 21-11, 21-14.

Tim junior Indonesia akan menghadapi tim yang menempati peringkat kedua grup B pada putaran perempat final.

Grup B Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2015 diisi oleh tim Jepang, Thailand, Nepal, Vietnam, dan Mongolia.

Tim junior Indonesia pada Kejuaraan Junior Asia 2015 terdiri dari atlet-atlet pemusatan pelatihan nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia dan atlet-atlet pilihan dari sejumlah klub bulu tangkis di Indonesia.

Atlet-atlet junior putra yang masuk dalam tim Indonesia itu adalah Firman Abdul Kholik, Enzi Shafira, Panji Ahmad Maulana, Vega Vio Nirwanda, Muhammad Fachrikar, Muhammad Reza Pahlevi Isfahani, Yahya Adi Kumara, Yanthoni Edy Saputra, Andhika Ramadiansyah, Rinov Rivaldy, Beno Drajat, Zulfauzi Habibi, dan Fachriza Abimanyu.

Sedangkan atlet-atlet junior putri yaitu Gregoria Mariska, Ruselli Hartawan, Made Deya Surya Saraswati, Rika Rositawati, Nisak Puji Lestari, Jauza Fadhila Sugiarto, Apriani Rahayu, Marsheilla Gischa Islami, Ramadhani Hastiyanti Putri, Yulfira Barkah, dan Syifa Fauziah. 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015