Jakarta (ANTARA News) - Ahli kesehatan mengingatkan kita agar tak luput menjaga kesehatan mulut dimanapun kita berada, termasuk di kantor.  

Berikut terdapat delapan cara untuk menjaga mulut tetap higienis saat berada di kantor menurut ahli bedah gigi dari The Dental & Orthodontic Clinic, Gunita Singh.

1. Berkumurlah setiap habis makan dengan air atau dengan cairan khusus pembersih mulut

2. Gunakan benang gigi untuk membersihkan sela antara dua gigi setelah mengonsumsi makanan berat

3. Hindari mengonsumsi makanan ringan yang mengandung gula atau menyertakan makanan mengandung gula dalam menu makan Anda

4. Cobalah konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk membantu mengenyangkan perut Anda. Selain itu, serat dalam dua jenis makanan bisa berperan sebagai pembersih alami gigi.

5. Anda bisa mengonsumsi keju di akhir waktu makan untuk meningkatkan jumlah air liur dalam mulut dan mengurangi lubang-lubang kecil di gigi.

6. Anda juga bisa mencoba mengunyah permen karet tanpa kandungan gula bila tak sempat menyikat gigi saat berada di kantor. Mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan jumlah air liur seperti halnya keju.

7. Kurangi sebisa mungkin asupan teh atau kopi untuk menghindari warna gigi berubah. Demikian seperti dilansir Indian Express.  

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015