Jakarta (ANTARA News) - Selain memperkenalkan kartu grafis seri Radeon R9 300 dan R7 300, AMD juga merilis GPU AMD Radeon R9 Fury X yang merupakan perwujudan dari chip yang sebelumnya dengan nama sandi "Fiji".

"Chip Fiji merupakan GPU yang paling rumit yang pernah diciptakan, tentunya sangat cepat, dan sangat hemat energi hingga 60 persen," Richard Haddy, AMD Chief Gaming Scientist, di Jakarta, Senin.

GPU AMD Radeon R9 Fury X menyediakan GPU bermemori bandwidth tinggi dengan High-Bandwidth Memory (HBM) yang terintegrasi pada chip yang memberikan 60 persen lebih bandwidth memori melalui GDDR5 bersama dengan interface memori sebanyak 4096-bit.

GPU AMD Radeon R9 Fury X diklaim mampu memberikan lebih dari tiga kali kinerja per watt dari GDDR5 dalam area permukaan PCB yang 94 persen.

Fury X dilengkapi dengan teknologi AMD LiquidVR yang dapat digunakan untuk teknologi Virtual Reality (VR), dan teknologi AMD FreeSync untuk meningkatkan pengalaman bermain game di resolusi 4K,

Selain itu, Fury X juga serta mampu mendukung API (Application Programming Interface) seperti DirectX 12, OpenGL 4.5, Vulkan dan AMD Mantle.

AMD Radeon R9 Furry ditawarkan dalam dua jenis yakni air cooled dan liquid cooled yang keduanya dijadwalkan akan tersedia mulai 14 Juli.

Tidak hanya itu, AMD juga akan menawarkan Radeon R9 Nano dengan panjang 6 inci, yang dijadwalkan akan menyusul di Q3 2015.

AMD juga berencana untuk menghadirkan flagship dari Radeon Fury pada musim gugur tahun ini yaitu kartu grafis yang menggunakan basis 2 unit GPU "Fiji".

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015