Jakarta (ANTARA News) - Chile unggul 1-0 atas Peru pada babak pertama semifinal Piala Amerika 2015 di Stadion Nasional Santiago, Chile, Selasa pagi WIB.

Penyerang Napoli Eduardo Vargas mencetak gol bagi Chile memaksimalkan tendangan Aranguiz yang membentur tiang gawang Peru pada menit 42.

Sejak menit 21 Peru harus bermain dengan 10 pemain akibat pelanggaran yang dilakukan Carlos Zambrano terhadap Aranguiz.

Bek Peru Carlos Zambrano sudah menerima kartu kuning akibat melanggar Alexis Sanchez pada menit 7, namun dua menit kemudian umpan Guerrero kepada penyerang Peru, Jefferson Farfan, nyaris berbuah gol tapi sayang sundulannya membentur mistar kanan gawang Chile.

Peru kembali berpeluang ketika Guerrero menusuk dari sisi kiri untuk kemudian mengumpan Lobaton yang melepaskan tendangan keras yang berbuah sepak pojok.

Peru harus bermain dengan 10 orang setelah wasit Jose Argote asal Venezuela mengusir Carlos Zambrano akibat kaki kanannya menerjang punggung Aranguiz pada menit 21.

Chile baru memiliki peluang matang pada menit 28 setelah Valdivia melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti, namun melebar.

Valdivia kembali menciptakan peluang matang usai menerima umpan Isla dari sisi kanan sementara penjaga gawang Peru sudah tidak dalam posisinya. Tetapi sepakan Valdivia membentur bek Peru dan bola liar gagal ditanduk Vargas pada menit 34.

Gol Chile akhirnya tercipta di ujung babak pertama berkat umpan Alexis kepada Aranguiz yang kemudian melepaskan tendangan membentur gawang.

Bola liar itu kemudian didorong Vargas masuk ke gawang Peru. Skor 1-0 bertahan hingga jeda babak pertama.

Statistik Conmebol mencatat Chile unggul penguasaan bola 65 berbanding 35 persen di babak pertama.

Berikut susunan pemain kedua tim, dari situs resmi Conmebol:

Chile (4-3-1-2): Cladio Bravo, Isla, Medel, Rojas, Albornoz, Vidal, Marcelo Diaz, Aranguiz, Valdivia, Vargas, Sanchez.
Pelatih: Jorge Sampaoli.

Peru (4-4-2): Gellese, Advincula, Ascues, Zambrano, Juan Vargas, Ballon, Lobaton, joel Sanchez, Cueva, Guerrero, Claudio Pizzaro.
Pelatih: Ricardo Gareca

Wasit: Jose Argote (Venezuela)

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015