New York (ANTARA News) - Perburuan pemain NBA bebas transfer mulai dibuka Rabu waktu AS, namun tidak berlaku untuk duo Cleveland Cavaliers LeBron James dan Kevin Love, sebaliknya perhatian tertuju pada  LaMarcus Aldridge dan Marc Gasol yang kemungkinan akan pindah dari klubnya.

Sejumlah media melaporkan James sang playmaker superstar yang mengantarkan Cavaliers ke Final NBA, sudah menyatakan kepada timnya untuk memperpanjang kontrak, demikian pula Love.

Klub-klub NBA sendiri tengah bersiap karena belum akan ada kontrak ditandatangani sampai 9 Juli nanti.

James berstatus free agent untuk ketiga kalinya dalam lima tahun setelah meninggalkan Miami Heat. Kali ini dia akan tetap bersama Cleveland yang dia janjikan akan dibawa ke tangga juara dan memupus paceklik gelar juara kota itu dalam 51 tahun terakhir.

Jaminan James itu membuat pemilik Cavs Dan Gilbert menjaga Love, Tristan Thompson, Iman Shumpert, J.R. Smith dan guard Australia Matthew Dellavedova tetap dalam barisan.

James diperkirakan diikat pada nilai kontrak 22 juta dolar AS, hanya naik 400 ribu dolar AS, namun tahun depan ketika ada kontrak siar televisi baru, salari James bakal berlipat menjadi 32,4 juta dolar AS. Jumlah ini akan terus naik sampai 40,7 juta dolar AS ketika semakin banyak hak siar televisi yang dikontrak.

Di luar para pemain Cavaliers yang takluk pada Golden State Warriors pada Final NBA, ada beberapa pemain berbakat yang bisa menaikkan peruntungan klub-klub baru.

Aldridge diperkirakan meninggalkan Portland Trail Blazers, menuju Los Angeles Lakers, sedangan center Memphis Marc Gasol akan memikat klub-klub NBA menyusul catatan skornya yang tertinggi selama karirnya musim lalu dengan 17,4 poin per pertandingan.

Miami Heat bakal kehilangan guard Dwyane Wade, sebaliknya forward Inggris Luol Deng memilih memperpanjang kontrak dengan Heat.

Pemain San Antonio Spurs Kawhi Leonard, pemain bertahan terbaik di NBA, juga tetap di klubnya, sedangkan Tim Duncan dan Manu Ginobili kemungkinan pensiun, tapi jika bertahan mereka akan kembali menjadi faktor juara bagi Spurs.

Golden State Warriors akan berusaha mempertahankan forward Draymond Green, sedangkan pemain Chicago Bulls Jimmy Butler bisa menjadi pemain termahal.

Bulls bisa mempertahankan Butler atau malah melihatnya pergi setelah satu musim memimpin liga dalam kategori lama menit bermain, dengan rata-rata 20,0 poin, 5,8 rebound dan 3,3 assist, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015