Palu (ANTARA News) - Polri dalam waktu dekat ini akan melanjutkan perburuan teroris di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, dengan Operasi Camar Maleo III.

Kepala Polda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Idham Azis kepada wartawan di Palu, Selasa mengatakan Operasi Camar Maleo II sudah berakhir pada 7 Juni 2015.

Dia mengatakan teknis Operasi Camar Maleo III adalah ranahnya Detesemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri, sementara Polda Sulawesi Tengah hanya sebatas memberikan fasilitas.

Namun dia mengatakan ratusan personel yang akan dilibatkan dalam Operasi Camar Maleo III itu sebagian besar dari Brimob Polda Sulawesi Tengah.

Kapolda juga mengaku sudah membuat rencana Operasi Camar Maleo III.

Idham Azis mengaku saat ini polisi terus memburu teroris Poso yang tergabung dalam Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang dipimpin Santoso meski Operasi Camar Maleo II telah berakhir.

Hingga pertengahan tahun ini polisi telah menangkap belasan teroris dan simpatisannya di sejumlah tempat di Sulawesi Tengah, dua di antaranya tewas ditembak. Sebagian besar anggota MIT diperiksa di Jakarta.

Kapolda Idham Azis juga meminta masyarakat untuk berperan serta dalam menanggulangi aksi terorisme di Sulawesi Tengah dengan memberikan informasi kepada aparat.

Polisi juga mengimbau kepada buronan kasus terorisme itu untuk menyerahkan diri kepada aparat dan menjamin tidak akan menyiksanya. "Kita tetap akan cari terus sampai dapat," tandas Idham.

Pewarta: Riski Maruto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015