Hari ini saya akan bagikan dulu kartu disabilitas di mana setiap bulan akan diberikan Rp300.000 untuk yang pegang kartu ini...
Purwokerto (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan kartu asistensi sosial Orang Dengan Kecacatan Berat (ODKB) kepada masyarakat kurang beruntung di Kelurahan Pasir Kidul, Purwokerto Barat, Banyumas.

Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir si Pendopo Kelurahan Pasir Kidul, Purwokerto Barat, Selasa sore.

Kepala Negara menyerahkan ODKB kepada 96 orang yang merupakan program perlindungan sosial kepada masyarakat di wilayah itu, terutama yang mengalami kondisi kecatatan berat yang tidak berdaya dan tidak bisa diberdayakan.

"Hari ini saya akan bagikan dulu kartu disabilitas di mana setiap bulan akan diberikan Rp300.000 untuk yang pegang kartu ini, diambil setiap bulan," kata Presiden.

Selain kartu ODKB, Jokowi di Pasir Kidul juga membagikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada 429 kepala keluarga, Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 427 anak sekolah, dan Kartu Indonesia Sehat kepada 1.710 orang.

Para penerima kartu sebagian besar merupakan masyarakat kurang mampu yang bekerja sebagai petani, buruh tani, dan pedagang sektor informal.

Dalam acara itu, Presiden menyempatkan diri untuk berdialog dengan masyarakat setempat dan membagikan sepeda kepada mereka yang bisa menjawab pertanyaan sederhana.

Antusiasme masyarakat di Purwokerto ketika menyambut Presiden Jokowi sangat tinggi. Ratusan orang termasuk pegawai pemerintah dan anak-anak sekolah berdiri di tepi jalan yang dilalui Presiden sambil melambaikan tangan dan bendera merah putih.

Presiden sempat membagikan kaos dan buku tulis dari jendela mobil kepada masyarakat yang berkerumunan di tepi jalan yang dilaluinya.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015