Kami memutuskan menerima dan mendukung bapak Sutiyoso yang diajukan Presiden sebagai calon Kepala BIN,"
Jakarta (ANTARA News) - Komisi I DPR RI sepakat menerima Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Keputusan Komisi I DPR RI itu berdasarkan rapat internal yang dilakukan oleh 10 fraksi partai politik.

"Kami memutuskan menerima dan mendukung bapak Sutiyoso yang diajukan Presiden sebagai calon Kepala BIN. Keputusan ini akan kami sampaikan ke pimpinan DPR, untuk sebagai keputusaan Komisi I DPR RI menjadi keputusan DPR dalam rapat paripurna," kata Ketua Komisi I DPR RI, Mahfudz Siddiq, saat membacakan hasil kesimpulan rapat, di Gedung DPR RI, Selasa.

Mahfudz mengatakan, dalam uji kelayakan dan kepatutan yang digelar secara tertutup itu. Ke 10 fraksi sudah menyampaikan pandangannya dan mengelaborasi setiap visi misi hingga program dari calon KaBIN tersebut.

"10 fraksi sudah menyampaikan pandangannya, secara umum dalam menyampaikan pandangan kami mempertimbangkan konsederan berkut, dari seleksi administarasi sudah baik dan lengkap menujukan calon KaBIN sudah memenuhi administrasi sebagai WNI," ujar dia.

"Secara visi misi, kami mempertimbangkan pengetahuan dan pengalaman calon selama di intelijen, selama menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta, dan tokoh politik sebelum beliau mengundurkan diri," tandas politikus PKS itu.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015