Jakarta (ANTARA News) - Komisi VII DPR RI meninjau kesiapan Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum di ruas tol Cikopo-Palimanan, dengan mengunjungi tol tersebut pada Selasa (30/6).

Dalam keterangan tertulisnya disebutkan, rombongan tersebut dipimpin Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Mulyadi.

Mulyadi mengaku puas dengan kinerja PT Pertamina terkait persiapan arus mudik dan arus balik lebaran 2015. Dia berharap para pemudik dapat berkendara dengan nyaman tanpa perlu khawatir kehabisan bahan bakar.

"Kami meminta komitmen PT Pertamina dan pengelola rest area agar seluruh SPBU di Ruas tol Cipali rampung tepat waktu," ujar Mulyadi dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, dengan begitu pengendara yang melewati tol ini tidak terkendala kehabisan bahan bakar.

Anggota Komisi VII DPR, Joko Purwanto menambahkan Komisi VII DPR akan terus memantau kesipan pasokan bahan bakar di ruas tol tersebut.

Menurut dia, Komisi VII DPR RI akan terus "blusukan" untuk memastikan persiapan tersebut dan diharapkan apa yang dipaparkan PT. Pertamina bisa direalisasikan.

"Sebab, satu saja kendaraan kehabisan bahan bakar di ruas tol ini, kemacetan tidak bisa terhindarkan. Soal keberadaan SPBU dan rest area di KM 102, saya rasa sudah cukup baik," katanya.

Dia mengatakan kesiapan tersebut cukup menunjang untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik dan arus balik.

Dalam keterangannya disebutkan, disela kunjungan lapangan tersebut, rombongan Komisi VII DPR RI berdialog dengan Diputi Direktur Pemasaran PT Pertamina, Muhammad Iskandar dan General Manager Marketing Operation Region III PT Pertamina, Jumali.

"Saat puncak arus mudik, konsumsi BBM jenis Premium meningkat 30 persen. Sementara, konsumsi solar diprediksi turun hingga 80 persen," kata Jumali.

Dia mengatakan di ruas tol Cipali, PT. Pertamina juga menyiapkan mobil tangki untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM.

Jumali mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM, PT Pertamina telah menyiapkan tiga SPBU lain di ruas tol tersebut. Menurut dia, SPBU yang tersebar di enam lokasi rest area siap digunakan pada 5 Juli 2015.

"Selain ruas tol, cadangan BBM di jalur leguler juga kami siapkan. Kami pun menjual Pertamax dalam bentuk kemasan satu dan dua liter," ujarnya.

Dia mengatakan para pemudik bisa membawanya sebagai cadangan bahan bakar di perjalanan.

Sejumlah anggota turut serta dalam kegiatan tersebut, diantaranya Joko Purwanto, Tony Wardoyo, N Falah Amru, Dewie Yasin Limpo, dan Kurtubi.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015