Jakarta (ANTARA News) - Swedia menjadi juara Piala Eropa (Euro) U-21 dengan mengalahkan Portugal 4-3 di babak adu penalti setelah seri 0-0 selama 120 menit di Stadion Eden Praha, Republik Ceko, Rabu dini hari WIB.

Pada babak adu penalti yang berkesudahan 4-3 untuk kemenangan Swedia itu, dua penendang Portugal, William Carvalho dan Ricardo Esgaio, gagal melakukan tugasnya karena bola ditangkap penjaga gawang Swedia.

Pada menit pertama, Portugal sudah mengancam lewat tendangan Joao Mario namun bola berhasil di blok Helander dan menghasilkan sepak pojok yang menghasilkan peluang dari tendangan kaki kiri Ricardo yang gagal menjadi gol di menit ke-2.

Penjaga gawang Portugal Jose Sa berhasil mementahkan kerjasama Kiese Thelin dan Khalili di menit 12. Jose Sa kembali menyelamatkan gawang Portugal dari ancaman Swedia yang dilancarkan Tibbling lewat tendangan jarak jauh.

Portugal memiliki peluang matang lewat sepakan bebas Sergio Oliveira yang membentur tiang gawang di menit 36. Skor 0-0 bertahan hingga jeda babak pertama.

Pada babak kedua Portugal berpeluang lewat sepakan Toze di menit 63. Namun tendangan mendatar Toze dihentikan penjaga gawang Swedia Carlgren.

Swedia kemudian mengancam lewat aksi Guidetti memaksimalkan umpan Ludwig Augustinsson di menit 80. Namun hingga babak kedua usai skor tetap 0-0.

Pada babak tambahan menit 95, Swedia mengancam lewat Khalili setelah menerima umpan kapten Hiljemark. Namun bolanya meleset tipis di sisi gawang Portugal.

Portugal membalas lewat peluang Gonçalo Paciência di menit 110 namun tidak berbuah gol. Hingga menit 120 tidak ada gol tercipta sehingga pertandingan dilanjutkan ke adu penalti.

Khalili menjadi satu-satunya penendang Swedia yang gagal mencetak gol di adu penalti. Sementara dua eksekutor Portugal gagal sehingga Swedia menang 4-3.

Statistik UEFA mencatat Portugal menguasai 57 berbanding 43 persen penguasaan bola dengan 15 sepakan, sementara Swedia hanya 11 kali menendang ke gawang.

Berikut susunan pemain kedua tim dilansir dari situs resmi UEFA:

Swedia (4-2-3-1): Carlgren(GK), Lindelöf, Milošević, Helander (Baffo), Augustinsson, Lewicki, Hiljemark(C), Khalili, Tibbling (Quaison), Guidetti, Kiese Thelin

Portugal (4-2-3-1): José Sá(GK), Ricardo Esgaio, Tiago Ilori, Paulo Oliveira, Raphael Guerreiro, William Carvalho, Sérgio Oliveira(Toze), Bernardo Silva, João Mário, Ivan Cavaleiro (Medeiros), Ricardo (Paciencia)

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015