Jakarta (ANTARA News) - Argentina menantang tuan rumah Cile di final Piala Amerika usai berpesta gol 6-1 ke gawang Paraguay pada semifinal Piala Amerika 2015 di Stadion Municipal Alcaldesa Rebolledo, Chile, Rabu pagi WIB.

Enam gol kemenangan Albiceleste diciptakan Marcos Rojo dan Javier Pastore di babak pertama. Pada paruh kedua Argentina mencetak empat gol tambahan yang disumbangkan Higuain, Aguero, serta dua gol Angel Di Maria.

Satu gol Paraguay dibukukan Lucas Barrios di ujung babak pertama.

Pada jalannya laga, Argentina mencetak gol pembuka lewat tendangan bebas Messi yang disambut Marcos Rojo pada menit 15.

Tim Tango menambah keunggulan melalui sepakan mendatar Pastore memaksimalkan umpan Messi di menit 26.

Lucas Barrios yang masuk menggantikan Santa Cruz kemudian memperkecil ketertinggalan Paraguay menjadi 2-1 di menit 43. Barrios melepaskan tendangan kaki kiri setelah menerima umpan sundulan dari Bruno Valdez. Skor 2-1 bertahan hingga jeda.

Angel Di Maria membobol gawang Villar ketika babak kedua baru berjalan dua menit. Argentina menjauh 3-1.

Pemain sayap Manchester United itu kembali menambah keunggulan Argentina menjadi 4-1 usai memaksimalkan bola pantulan hasil sepakan Pastore di menit 53.

Tim asuhan Gerardo Martino menambah lagi golnya di menit 80 ketika umpan silang Di Maria mampu disundul Aguero menjadi gol.

Gonzalo Higuain menutup pesta gol Argentina lewat golnya setelah menerima bola sodoran Messi di menit 88. Argentina menang 6-1 atas Paraguay.

Data statistik Conmebol mencatat Argentina unggul penguasaan bola 59 berbanding 41 persen dengan 14 sepakan ke gawang, sementara Paraguay melepaskan 12 tendangan.

Hasil ini memastikan Argentina menghadapi Chile di laga final pada Minggu (5/7), sementara Paraguay menghadapi Peru pada Sabtu (4/7) untuk perebutan juara tiga.

Berikut susunan pemain kedua tim dilansir dari situs resmi Conmebol:

Argentina (4-3-3) : Sergi Romero, Zabaleta, Demichelis, Otamendi, Rojo, Mascherano (Gago), Biglia, Pastore (Banega), Messi, Aguero (Higuain), Angel di Maria.
Pelatih: Gerardo Martino

Paraguay (4-3-3) : Villar, B Valdez, Da Silva, Aguilar, Ivan Piris, Derlis (Bobadilla), V Caceres, Ortiz Richard, Benitez, Haedo Valdez (Romero), Santa Cruz (Barrios).
Pelatih: Ramon Diaz

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015