Jakarta (ANTARA News) - Rumah tua berumur seabad di Seattle yang menyerupai rumah dalam film animasi Disney "Up" kemungkinan akan dibongkar, lapor media setempat.

Pada 2006, Editch Macefield menarik perhatian media massa nasional saat dia menolak tawaran 1 juta dolar AS untuk rumah seluas 1000 kaki persegi. Perusahaan investasi yang memberinya tawaran perlahan-lahan membangun pusat perdagangan dan perkantoran seluas 131.000 kaki persegi di sekitar rumahnya.

Macefield meninggal pada 2008 dan mewariskan rumahnya kepada pengawas konstruksi yang berteman dengannya. Rumah itu kemudian dijual pada tahun berikutnya.

Laman surat kabar Seattlepi.com melaporkan, Senin, bahwa broker rumah itu Paul Thomas mengatakan pembeli rumah yang berencana membuka toko kopi dan pai bersama putrinya telah membatalkan rencananya.


"Sudah jelas bahwa butuh biaya besar bila ingin menggunakan rumah itu di lokasi aslinya mengingat usia dan kondisinya," kata Thomas dalam Seattlepi.com.

Dia mengatakan rumah itu akan disumbangkan, diusahakan ke lembaga nirbala, atau dihancurkan dan tanahnya akan dijual.

Jika orang yang dapat memindahkan rumah itu dalam 90 hari tidak bisa ditemukan, maka rumah tersebut akan dibongkar.


Pada 2009, publisis film "Up" mengikatkan sejumlah balon ke rumah bungalow bertingkat dua untuk mempromosikan film Disney-Pixar mengenai pria tua yang enggan menjual rumahnya dan memutuskan untuk terbang dengan mengikatkan balon ke rumahnya.

Film itu meraih 700 juta dolar AS di box office global dan memenangi Oscar dalam kategori film animasi terbaik pada 2010, demikian Reuters.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015