Taipei (ANTARA News) - Film berjudul "Siti" karya sutradara Eddie Cahyono berhasil memukau sedikitnya 150 penonton dalam pemutaran perdananya di Taipei, Taiwan.

"Ini merupakan sebuah karya anak bangsa yang patut diapresiasi karena penontonnya tidak hanya dari Indonesia, melainkan juga dari Taiwan," kata Wakil Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Harsono Aris Yuwono, Selasa.

Zhongsan Hall yang berada di kawasan Ximen, Taipei, itu penuh sejak satu jam sebelum film berdurasi 91 menit tersebut mulai diputar.

"Bahkan tidak sedikit penonton yang kecewa karena tidak bisa masuk studio. Padahal sudah datang sejak awal," kata Humas Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Taiwan, Ferry Sentosa.

Untuk menonton film tersebut, para penonton dikenai tiket masuk seharga 140 dolar Taiwan. "Tiket dijual beberapa hari sebelum film diputar," ujar Ferry yang mendapat tugas dari PPI untuk mendistribusikan tiket kepada kalangan pelajar itu.

Seusai pemutaran film, para penonton mendapat kesempatan bertemu dengan sutradara. Menurut Eddie Cahyono, film tersebut hanya menghabiskan biaya Rp150 juta.

Film tersebut akan diputar lagi pada Jumat (3/7) sore di tempat yang sama sekaligus untuk menyemarakkan Festival Film Taipei ke-17.

Sebelumnya film dengan latar belakang kehidupan di Parangtritis, Yogyakarta, itu berhasil meraih dua penghargaan dalam Festival Film Internasional di Shanghai, Tiongkok, pada 13-21 Juni 2015 untuk kategori New Asia Talent Competition, mengalahkan film-film lainnya dari Tiongkok, Korea Selatan, Taiwan, Jepang, dan Iran.

Film itu menceritakan perjuangan hidup Siti sebagai seorang istri yang harus mengurus ibu mertuanya dan menghidupi keluarganya setelah suaminya mengalami kelumpuhan karena kecelakaan ketika melaut.

Siti bekerja berjualan peyek dan menjadi pemandu di sebuah rumah karaoke untuk menafkahi keluarganya dan membayar utang yang semakin menumpuk.

Suaminya, Bagus, keberatan dan memilihi tidak berbicara dengan Siti. Siti pun frustrasi dan bimbang ketika seorang polisi hadir dalam hidupnya dan mengajaknya menikah.

Sebelumnya, pada Festival Film Internasional Singapura 2014, Sekar Sari, pemeran Siti, meraih penghargaan Best Performance.

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015