Jakarta (ANTARA News) - Banyak orang di kota besar yang pulang ke kampung halamannya untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarganya.

Bagi mereka yang harus menempuh jarak jauh ke tempat tujuan haruslah mewaspadai salah satu penyebab kecelakaan yakni faktor kelalaian manusia, misalnya mengantuk, kata Kepala Komunikasi Korporat PT AIG Insurance Indonesia Gusni Puspitasari.

"Alangkah baiknya pengemudi istirahat 15 menit setelah 2 jam perjalanan," kata Gusni saat bertemu wartawan di Jakarta, Rabu.

Penumpang atau keluarga pun sebaiknya memberi peringatan kepada pengemudi untuk beristirahat.

Terkadang, lanjut Gusni, mereka tidak sadar bila diri mereka kelelahan.

AIG Indonesia mengadakan kampanye keselamatan di jalan, khususnya untuk anak-anak. Menjelang hari raya Lebaran, mereka berkampanye di media sosial perihal tips aman saat mudik.

Sebelum mudik, sebaiknya merencanakan perjalanan misalnya menghindari perjalanan malam hari, memilih rute yang aman, jalur alternatif dan mengunduh pera jalur mudik di ponsel.

Cek kendaraan ke bengkel langganan dan pastikan kondisi rem, oli, ban, busi hingga pendingin ruangan siap menempuh perjalanan jauh.

Cari juga informasi mengenai produk asuransi yang sesuai selama mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Selain kendaraan yang prima, pastikan juga diri sendiri dan keluarga dalam kondisi yang sehat dan siap menempuh perjalanan panjang.

Persiapkan obat-obatan serta bekal makanan dan minuman yang cukup serta pakaian yang nyaman.

Beri informasi terkini secara reguler kepada anggota keluarga lain yang tidak ikut mudik dan masukan nomor-nomor penting di daftar kontak.

Meningkatnya volume kendaraan memperbesar kemungkinan untuk tidak mematuhi rambu lalu lintas yang berlaku.

Patuhi rambu lalu lintas demi keselamatan diri sendiri dan keluarga.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015