Purwokerto (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto menguji coba struktur perlintasan KA menggunakan kanal blok di perlintasan sebidang di Jalan Jenderal Soedirman, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Pemasangan kanal blok dan perbaikan perlintasan di Purwokerto itu dilaksanakan pada malam hari untuk menghindari kemacetan lalu lintas," kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono di Purwokerto, Rabu malam.

Menurut dia, struktur baru untuk perlintasan itu dipasang untuk mengurangi tingginya intensitas kerusakan aspal di perlintasan KA.

Dalam struktur yang menggunakan baja kanal "U" tersebut, kata dia, titik tumpu roda kendaraan yang melewati perlintasan tidak langsung jatuh di aspal namun akan ditopang oleh struktur kanal tersebut sehingga kerusakan aspal bisa dieleminasi.

"Keuntungan lain dari struktur kanal blok ini relatif lebih ringan dibandingkan memakai blok rel sehingga mempermudah ketika ada perbaikan geometri rel," katanya.

Selain di perlintasan KA Jalan Jenderal Sudirman Purwokerto, kata dia, uji coba struktur kanal blok juga akan dilakukan di dua perlintasan lain, yakni di lintas Banjar-Kroya dan lintas Kroya-Kutoarjo.

Jika hasil evaluasi pemakaian struktur kanal blok ini positif, lanjut dia, nantinya struktur kanal blok akan dipasang di semua perlintasan KA lain dengan kontruksi jalan aspal.

Sebelumnya, Surono mengatakan bahwa PT KAI Daop 5 Purwokerto melakukan perbaikan terhadap 58 titik perlintasan menjelang masa Angkutan Lebaran 2015.

Menurut dia, 58 perlintasan tersebut tersebar di Kabupaten Tegal sebanyak 12 titik, Brebes dua titik, Banyumas sebanyak 14 lokasi, Cilacap 13 titik, Kebumen 11 lokasi, dan Purworejo enam lokasi.

"Perbaikan perlintasan sebidang itu di antaranya berupa geometri rel dan lapisan aspalnya," katanya.

Menurut dia, beberapa titik perlintasan KA yang diperbaiki tersebut berada di ruas jalan provinsi dan nasional yang cukup padat arus lalu lintasnya, antara lain perlintasan KA di Jalan Jenderal Sudirman Purwokerto, perlintasan KA Kaliwangi, perlintasan KA Randegan, perlintasan KA Sumpiuh, perlintasan KA Sruweng, perlintasan KA Wonosari, dan perlintasan KA Kutowinangun.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015