New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street berakhir menguat pada Rabu (Kamis pagi WIB), setelah ekuitas Eropa lebih tinggi didukung harapan untuk kesepakatan baru dengan Yunani ketika data AS menunjukkan perekrutan pekerja sektor swasta meningkat pada Juni.

Dow Jones Industrial Average naik 138,40 poin (0,79 persen) menjadi ditutup pada 17.757,91.

Indeks S&P 500 yang berbasis lebih luas maju 14,31 poin (0,69 persen) menjadi berakhir di 2.077,42, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq bertambah 26,26 poin (0,53 persen) menjadi 5.013,12.

Ekuitas Eropa melonjak karena investor bereaksi positif terhadap berita tawaran Yunani untuk dana talangan baru. Para pembuat kebijakan zona euro mengatakan mereka tidak akan bernegosiasi sampai referendum pada hari Minggu di Yunani tentang reformasi para kreditor.

"Pasar hari ini mengambil isyarat dari pasar Eropa," kata Peter

Cardillo, kepala ekonom pasar di Rockwell Global Capital. "Kami pada dasarnya berharap kesepakatan."

Dunia usaha AS menambahkan 237.000 pekerjaan pada bulan lalu, naik dari 203.000 pada Mei dan merupakan tingkat terbaik sejak Desember, menurut perusahaan penggajian ADP.

Departemen Tenaga Kerja AS akan merilis laporan ketenagakerjaan AS resmi untuk Juni pada Kamis. Analis memperkirakan kenaikan sebanyak 230.000 pekerjaan.

Saham-saham maskapai penerbangan jatuh di tengah berita bahwa Departemen Kehakiman AS sedang menyelidiki beberapa operator untuk "koordinasi kemungkinan pelanggaran hukum." Saham American Airlines jatuh 2,8 persen, Delta Air Lines kehilangan 2,0 persen dan United Continental merosot 2,5 persen.

Insurer Chubb melonjak 26,1 persen karena berita pihaknya akan diakuisisi oleh perusahaan asuransi Swiss Ace Limited senilai 28,3 miliar dolar AS. Ace naik 0,8 persen. Perusahaan asuransi lainnya

juga naik, termasuk Progresif bertambah 2,2 persen dan Travelers menguat 2,7 persen.

DirectTV naik 1,2 persen didukung laporan regulator antitrust Departemen Kehakiman akan menyetujui akuisisi oleh AT&T senilai 48,5 miliar dolar AS. Persetujuan ini masih tertunda di Komisi Komunikasi Federal, kata Bloomberg News.

Perusahaan bumbu McCormick turun 1,7 persen setelah penjualan kuartal keduanya 1,02 miliar dolar AS, tertinggal dari perkiraan para analis 1,04 miliar dolar AS.

Toko serba ada Macy naik 0,4 persen karena memutuskan hubungan dengan miliarder calon presiden AS Donald Trump, mengumumkan pihaknya akan mengakhiri lini busana Trump menyusul sambutannya tentang imigran Meksiko.

Produk pakaian perusahaan Fitbit melesat 10,9 persen lebih tinggi setelah RBC Capital Markets memperkirakan pertumbuhan yang kuat.

Raksasa kabel Comcast naik 3,5 persen menyusul laporan Brean Capital merekomendasikan sahamnya.

Harga obligasi jatuh. Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS berjangka 10-tahun naik menjadi 2,42 persen dari 2,36 persen pada Selasa, sementara pada obligasi 30-tahun naik menjadi 3,21 persen dari 3,13 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak berlawanan arah. Demikian laporan AFP.

(Uu.A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015