Edmonton, Kanada (ANTARA News) - Sebuah gol bunuh diri pada menit-menit terakhir dari bek Inggris Laura Bassett mengantarkan juara bertahan Jepang melangkah ke final Piala Dunia Wanita yang hari ini menang 2-1 atas lawannya itu.

Pertandingan kedua tim harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu setelah selama 90 menit bermain seri 1-1 setelah kapten Aya Miyama mencetak gol dari titik penalti pada menit 33 di StadionCommonwealth, Edmonton, yang kemudian disamakan pemain Inggris Fara Williams lima menit sebelum babak pertama berakhir, juga dari titik putih.

Namun dua menit menjelang masa injuri, Bassett malah memasukkan bola ke gawangnya sendiri dan impian timnya lolos untuk pertama kali dari semifinal Piala Dunia Wanita pun menguap.

Jepang akan menghadapi Amerika Serikat pada final di Vancouver Senin pagi WIB pekan depan.

AS yang dua kali juara dunia mengalahkan Jerman 2-0 pada semifinal di Montreal sehari sebelumnya.

Pertandingan Senin pekan mendatang akan menjadi ulangan partai final 2011 diFrankfurt ketika saat itu Jepang menang 3-1 lewat adu penalti setelah sampai akhir babak perpanjangan waktu kedua tim seri 2-2.

AS kemudian membalas kekalahan itu saat menyabet medali emas Olimpiade pada 2012 dengan mengalahkan Jepang 2-1 di final.

Inggris kini bersiap untuk menghadapi dua kali juara dunia Jerman guna memperebutkan tempat ketiga yang berlangsung di Edmonton, Minggu pagi WIB, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015