Aktivitas arus mudik di Terminal Ubung Denpasar diprediksikan Minggu 5 Juli dan puncaknya diperkirakan Selasa 14 Juli
Denpasar (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Daerah Organisasi Angkutan Darat (DPD Organda) Bali menyiapkan 139 unit bus angkutan antar-provinsi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2015.

"Bus yang berkapasitas ribuan tempat duduk itu melayani jalur darat dari Bali ke berbagai kota di Pulau Jawa dan Sumatera," kata Ketua DPD Organda Provinsi Bali, Ketut Edi Dharma di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan, ratusan bus tersebut siap siaga melayani pemudik ke berbagai daerah tujuan dengan persiapan yang matang.

Bus-bus tesebut sebelumnya diperiksa kondisi mesin dan perlengkapan lainnya sehingga diharapkan mampu mengantarkan pemudik dengan lancar dan aman sampai ke tempat tujuan.

Ketut Edi Dharma menjelaskan, selain bus tersebut, Organda  masih menyiapkan sekitar 90 bus dan jenis kendaraan lainnya sebagai cadangan untuk mengantisipasi jika terjadi lonjalan arus mudik yang tidak dapat ditangani bus-bus antar-provinsi tersebut.

Puluhan mobil cadangan lainnya telah disiapkan sebagai alat transportasi bagi pemudik, termasuk siap melayani antar jemput dalam dan luar provinsi, ujar Edi.

Ratusan bus termasuk cadangan tersebut seluruhnya siap beroperasi mulai 5 Juli 2015, sehingga masyarakat yang melakukan mudik tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat duduk.

"Aktivitas arus mudik di Terminal Ubung Denpasar diprediksikan Minggu 5 Juli dan puncaknya diperkirakan Selasa 14 Juli," tutur Ketut Edi Dharma. 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015