Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan hadiah berupa sepeda kepada anak-anak yatim dalam kesempatan berbuka puasa bersama di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis.

"Sebutkan lima nama nabi kita," kata Presiden Jokowi kepada salah seorang anak yang telah ditunjuk sebelum menyerahkan hadiah sepeda itu.

Selain menanyakan nama nabi, Presiden Jokowi juga menanyakan antara lain nama-nama ikan, sila Pancasila dan lima shalat wajib.

Presiden Jokowi yang mengenakan batik coklat lengan panjang dan kopiah hitam menyebutkan acara buka puasa bersama sekitar 3.500 anak yatim se-Jabodetabek itu diprakarsasi oleh Himpunan Bank-bank Negara (Himbara).

"Kita bisa bersilahturahmi di sini diprakarsai empat bank anggota Himbara," kata Presiden Jokowi.

Selain Wapes Jusuf Kalla, tampak hadir sejumlah pejabat antara lain Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo dan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad serta direksi bank-bank Himbara.

Pada acara itu, BRI-Himbara mengundang 3.500 anak yatim dari 70 yayasan yatim piatu se-Jabodetabek.

Acara buka puasa bersama itu diawali dengan tausyiah Ramadhan yang disampaikan Ustadz Othman Omar Shihab, kemudian disambung Shalat Maghrib setelah buka puasa bersama Presiden Jokowi dan seluruh tamu undangan.

Sementara itu Dirut BRI Asmawi Syam mewakili Himbara menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla yang di tengah kesibukan menyemopatkan berbagi kebahagiaan dengan anak yatim.

"Kehadiran Presiden dan Wapres tambah kegembiraan anak-anak," katanya.

Ia menyebutkan selain di Jakarta, acara serupa juga akan diadakan di Medan dan Makassar pada 8 dan 11 Juli 2015.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015