Pekanbaru (ANTARA News) - Pengurus Asosiasi Pengusaha Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Provinsi Riau, menyambut baik masuknya maskapai Indonesia AirAsia X ke rute Jakarta-Jeddah menggunakan armada Airbus A330-300 berkapasitas 377 kursi dikarenakan harga tiket makin bersaing.

"AirAsia X terbang ke Jeddah itu sangat bagus. Berarti makin banyak pilihan bagi jamaah calon umrah dan menguntungkan pengguna moda transportasi udara," kata Ketua Asita Riau Ibnu Masud di Pekanbaru, Kamis.

Selama ini, dia menjelaskan, jamaah calon umrah dalam negeri hanya dilayani oleh tiga maskapai Indonesia seperti perusahaan pelat merah Garuda Indonesia, Lion Air dan Citilink Indonesia dengan harga tiket relatif sama.

Indonesia AirAsia, kata dia, dulunya bernama Air Wagon International (AWAIR) merupakan salah satu maskapai yang menawarkan layanan penerbangan dengan biaya murah, sehingga cepat punya nama di hati masyarakat Tanah Air.

"Kini jumlah maskapai yang melayani rute Jakarta-Jeddah sudah ada enam. Tentunya mereka saling berebut pasar itu dan Indonesia AirAsia mulai melayani Jeddah sebanyak 5 kali dalam sepekan," katanya.

Maskapai penerbangan Indonesia AirAsia X sebelumnya menyatakan telah memperoleh izin terbang ke Jeddah dari otoritas penerbangan sipil Arab Saudi (GACA), sehingga maskapai itu dapat melayani penerbangan langsung Jakarta-Jeddah dan sebaliknya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada GACA dan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan atas dukungannya sehingga Indonesia AirAsia X dapat melayani penerbangan Jakarta-Jeddah," kata Presiden Direktur Indonesia AirAsia X, Dendy Kurniawan.

Menurut dia, hal itu merupakan satu pencapaian mengingat tidak mudah bagi suatu maskapai untuk bisa mendapat izin dari otoritas penerbangan sipil di Arab Saudi.

Ia berpendapat, diperolehnya izin melayani rute Jakarta-Jeddah membuat Indonesia AirAsia X dapat menyediakan penerbangan hemat berkualitas bagi masyarakat Indonesia yang ingin melakukan perjalanan umroh dan haji.

"Indonesia AirAsia X berupaya menghadirkan pelayanan berkualitas sehingga selalu menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk menuju Tanah Suci," katanya.

Penerbangan perdana Indonesia AirAsia X di rute Jakarta-Jeddah dilakukan Rabu dini hari pukul 02.30 WIB dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

"Penerbangan perdana ini dilaksanakan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan sebagai wujud syukur diperolehnya perizinan dari otoritas penerbangan sipil Indonesia dan Arab Saudi," ucapnya.

Pewarta: M Said
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015