Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendorong induk organisasi olahraga berkuda di Indonesia bersatu sehingga diharapkan mampu mempermudah pembinaan bagi peningkatan prestasi atlet.

"Ini harus segera diselesaikan. Selain itu Kemenpora juga mendorong untuk melakukan koordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk urusan karantina," kata Menpora Imam Nahrawi seperti yang dilansir tim media Kemenpora di Jakarta, Kamis.

Saat ini di Indonesia ada dua induk cabang olahraga berkuda yang sama-sama menjalankan programnya yaitu Pengurus Besar Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PB Pordasi) serta Equestrian Federation of Indonesia (EFI).

Namun, upaya untuk menyatukan kedua induk cabang olahraga berkuda itu mulai ada titik terang setelah beberapa perwakilan dari komunitas equestrian yang dipimpin oleh Triwatty Marciano melakukan audiensi dengan Menpora Imam Nahrawi.

Kedatangan komunitas equestrian ini adalah untuk melaporkan ke Menpora terkait dengan rencana pembentukan komunitas baru yang berada dibawah kendali PB Pordasi. Komunitas ini sebagian anggotanya sebelumnya anggota Komisi Equestrian Pordasi.

"Kita sedang merumuskan bentuk komunitas kita. Yang jelas prosesnya harus selesai sebelum Munas PB Pordasi Oktober nanti," kata Triwatty Marciano.

Dengan adanya rencana ini bisa dipastikan penyelesaian konflik yang selama ini terjadi terbuka. Hanya saja, saat ini pihak EFI masih menunggu hasil pengadilan di Badan Arbritase Internasional atau CAS.

Selama ini, permasalah selalu muncul saat ini atlet Indonesia akan turun pada kejuaraan internasional. Disatu sisi semua pengurus provinsi (pengprov) dibawah kendali PB Pordasi, hanya saja untuk keanggotaan internasional dibawah kendali EFI.

Jika kedua induk organisasi olahraga berkuda itu bersatu bisa dipastikan kekuatan Indonesia dicabang berkuda akan jauh lebih kuat. Apalagi beberapa atlet Indonesia telah mampu menembus level dunia. Kondisi ini jelas akan menjadi sebuah kebanggaan.

Selain kejuaraan internasional, untuk level dalam negeri juga akan ada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat. Kejuaraan empat tahunan ini diharapkan menjadi tonggak persatuan dua induk organisasi cabang olahraga berkuda Indonesia yang selama ini kurang sejalan.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015