Lalu hasilnya sepuluh fraksi setuju mendukung Letjen (Purn) Sutiyoso sebagai Kabin
Jakarta (ANTARA News) - Rapat Paripurna DPR RI ke-36 di masa sidang ke IV menerima dan memberikan dukungan kepada Letjen TNI (Purn) Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara, setelah melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR RI pada Selasa (30/6).

"Perkenankan apakah laporan Komisi I DPR RI mengenai hasil calon Kepala Badan Intelijen Negara disetujui?," kata Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah pada Rapat Paripurna DPR RI di Jakarta, Jumat.

Seluruh anggota DPR RI menjawab setuju atas pertanyaan Fahri tersebut lalu Fahri mengetuk palu tanda persetujuan DPR RI kepada Sutiyoso sebagai Kepala BIN.

Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq dalam laporannya mengatakan Komisi I DPR RI sudah menyelenggarakan uji kelayakan terhadap Sutiyoso pada Selasa (30/6).

Dia mengatakan setelah uji kelayakan tersebut, Komisi I DPR RI melakukan rapat intern untuk memberikan pandangan tiap-tiap fraksi.

"Lalu hasilnya sepuluh fraksi setuju mendukung Letjen (Purn) Sutiyoso sebagai Kabin," katanya.

Mahfudz mengatakan pada dasarnya rapat di DPR RI dilakukan dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat. Karena itu menurut dia, Komisi I DPR RI memutuskan bahwa calon Kapala Bin Sutiyoso layak dan diterima sebagai Kepala Bin.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015