Depok (ANTARA News) - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) membawa pulang empat medali emas, sembilan medali perak dan limabelas medali perunggu dalam kompetisi olahraga internasional antar perguruan tinggi se-Asia Pasifik.

"Kontingen UI yang berasal dari beragam jurusan ini menyumbang medali emas pada cabang olahraga Tim Sepak Bola dan Atletik," kata Kepala Humas dan KIP Universitas Indonesia, Rifelly Dewi Astuti, di Depok, Jumat.

Gelar juara pada cabang sepak bola didapatkan UI usai mengalahkan University of Macau dan University of Hongkong lewat sistem kompetisi round robin (perhitungan poin). UI berhasil meraih emas pada bidang atletik 100m, 800m, dan 200m untuk kategori wanita.

Selain meraih medali emas, tim UI juga turut menyumbang medali perak pada cabang olahraga Atletik dan Renang.

Sedangkan medali Perunggu diraih oleh para mahasiswa UI pada cabang olahraga Badminton, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Atletik dan Renang.

Menurut dia,n kemenangan mahasiswa UI membuktikan bahwa mahasiswa UI tidak hanya memiliki keunggulan dalam bidang akademik melainkan juga mampu mengembangkan kemampuan non-akademik seperti bakat dan hobi di bidang olahraga, seni dan budaya.

UI senantiasa mendukung para mahasiswa untuk dapat mengembangkan kemampuan akademik dan non-akademik, salah satunya dengan mengembangkan infrastruktur dan fasilitas olahraga yang mumpuni bagi para sivitas akademikanya.

Biennial Intervarsity Games (BIG) merupakan kompetisi olahraga internasional antar perguruan tinggi se-Asia Pasifik dalam jangka waktu dua tahunan. The 26th BIG 2015, University of Hong Kong, Hong Kong terpilih menjadi tuan rumah dan kegiatan berlangsung pada 22-29 Juni 2015.

Sedangkan pada The 25th BIG 2012, Universitas Indonesia (UI) terpilih untuk menjadi tuan rumah.

The 26th BIG 2015 diikuti oleh enam universitas di Asia Pasifik yaitu: University of Hong Kong (daerah administrasi khusus dari Cina), National University of Singapore (Singapura), Universitas Indonesia (Indonesia), University of Malaya (Malaysia), University of Western Australia (Australia), dan University of Macau (daerah administrasi khusus dari Cina).

The 26th BIG 2015 memperlombakan delapan cabang olahraga, yaitu Aquatik, Atletik, Badminton, Basket, Sepak Bola, Tenis Meja, Voli, dan Tenis.

Keikutsertaan UI pada ajang The 26th BIG diharapkan dapat memperkuat ikatan dengan perguruan tinggi yang berasal dari negara tetangga di kawasan asia Pasifik, mendorong rasa hormat antar negara, dan semanga internasional melalui olahraga.

Selain itu, pesta olahraga ini diharapkan dapat meningkatkan softskill mahasiswa UI agar memiliki kemampuan bekerja sama dalam tim dan sportivitas, serta memperluas wawasan tentang budaya dari negara lain.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015