Jakarta (ANTARA News) - Hari Raya Idul Fitri 1436 H kian dekat dan banyak orang berbondong-bondong bersiap melakukan perjalanan mudik demi merayakan lebaran bersama sanak famili di kampung halaman.

Hal identik yang terus melekat dengan perjalanan mudik adalah kemacetan lalu lintas, yang menjadi persoalan tersendiri dan kerap menimbulkan perasaan stres dan mengurangi kesenangan perjalanan para pemudik, terutama yang mengendarai kendaraan pribadi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Garda Oto membagikan lima persiapan yang harus diperhatikan oleh para calon pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Pertama, kondisi fisik, yakni para pemudik harus memastikan bahwa mereka dalam keadaan cukup bugar untuk menyetir mobil dengan jarak yang tidak pendek.

Kondisi fisik menjadi persiapan yang paling utama, sebab kesehatan fisik dan pikiran merupakan hal yang tidak bisa ditawar kala menempuh perjalanan jauh seperti mudik.

Kemudian kedua mempersiapkan kondisi kendaraan, agar para calon pemudik tidak pernah malas untuk melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan terutama jelang mudik.

Ibaratnya sebuah mesin yang terawat sama vitalnya dengan kondisi badan yang bugar.

Ketiga, pemudik harus mempersiapkan rute perjalanan yang akan dilalui. Dan demi menghindari terjebak dalam kemacetan selama berjam-jam, para pemudik sepatutnya sudah mempersiapkan rute alternatif.

Persiapan rute perjalanan dan alternatif yang baik, bukan hanya penting untuk menghindari kemacetan maupun memangkas waktu tempuh perjalanan, namun juga memperkecil tingkat stres yang dialami pengemudi.

Keempat, para pemudik sepatutnya telah mempersiapkan perlindungan diri dan kendaraan, mengingat musim mudik identik dengan pertambahan tingkat rawan kecelakaan.

Tanpa mengharapkan perjalanan anda tidak berjalan lancar, mempersiapkan perlindungan adalah langkah antisipatif yang perlu diambil, termasuk dengan mengasuransikan kendaraan agar perjalanan lebih tenang.

Persiapan pamungkas adalah dengan memastikan memiliki bantuan dalam genggaman tangan, demi mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga saat melakukan perjalanan mudik.

Untuk itu, sebaiknya anda mempersiapkan diri dengan memiliki aplikasi layanan informasi mudik yang mencakup informasi terkait lokasi SPBU, bengkel dan kebutuhan-kebutuhan mendesak lainnya.

Garda Oto misalnya, baru-baru ini menyediakan aplikasi Garda Mobile Otocare yang dapat diunduh melalui Play Store untuk perangkat bersistem Android dan iTunes App Store untuk perangkat bersistem iOS, yang bukan hanya menyajikan informasi lokasi umum penting yang terdekat dengan anda, seperti rumah sakit, SPBU, dan toko obat, tapi juga berfungsi sebagai pengingat tanggal jatuh tempo SIM, STNK serta polis asuransi.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015