Tol darurat sebelum masuk Tegal akan dibuka"
Semarang (ANTARA News) - Kepolisian akan mengoptimalkan pemanfaatan jalan tol ruas Pejagan-Pemalang di wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di kawasan Pantai Utara Jawa saat arus mudik dan balik Lebaran 2015.

"Tol darurat sebelum masuk Tegal akan dibuka," kata Direktur lalu Lintas Polda Jawa Tengah Komisaris Besar Benyamin di Semarang, Jumat.

Menurut dia, kendaraan kecil dari arah barat akan dialihkan masuk ke tol sepanjang 20 kilometer yang belum selesai pengerjaannya itu.

Pada saat arus mudik, lanjut dia, ruas tol darurat itu akan difungsikan satu arah dari barat. "Demikian sebaliknya saat arus balik," tambahnya.

Bagi pengguna kendaraan bermotor yang melalui tol darurat tersebut diimbau untuk berhati-hati mengingat kondisi jalan yang berdebu.

Selain itu, kata dia, masih ada sejumlah bidang tanah yang belum dibebaskan, namun masih bisa dilewati dengan kecepatan rendah.

Kepolisian bersama instansi terkait lainnya, lanjut dia, juga telah menyiapkan rambu-rambu lalu lintas di sepanjang jalan tersebut.

Selain itu juga akan disiapkan lima hingga tujuh pos pengamanan untuk membantu para pemudik.

Menurut dia, mulai dioperasikannya ruas tol Cikopo-Palimanan memang berdampak terhadap peningkatan arus lalu lintas di wilayah Brebes yang sudah disiapkan antisipasinya.

Pewarta: I.C Senjaya
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015