Jakarta (ANTARA News) - Media sosial Instagram tidak hanya berfungsi sebagai ajang narsis, tetapi juga mencari panduan informasi untuk menjelajahi di Indonesia, kata Instagramer Anggey Anggraini (@her_journeys) dan Rizal Agustin (@mrizag).

"Banyak informasi tempat wisata yang belum banyak di google tapi ada di Instagram," kata Anggey di Galeri Indonesia Kaya, Jumat. 

Dia menyebutkan akun-akun yang biasanya menyediakan informasi tersebut, misalnya akun resmi pemerintah provinsi atau kota Indonesia. 

"Atau cari akun dan hashtag seperti @explorelombok atau @explorekaltara," ujar Rizal. 

Akun seperti itu akan memberikan kumpulan informasi dari berbagai akun mengenai suatu tempat. Tanya langsung ke akun yang bersangkutan lewat fitur komentar bila ada hal-hal lain yang ingin diketahui.  

Informasi berharga seperti keberadaan tempat wisata tersembunyi yang belum banyak diketahui orang biasanya diketahui oleh masyarakat lokal atau orang yang pernah melancong ke sana. Salah satu cara ampuh adalah berinteraksi dengan para pengikut di Instagram lewat kolom komentar. 

"Manfaatkan network sendiri, tanya ke follower agar ada interaksi dengan follower," lanjut Anggey. 

Interaksi dunia maya tersebut dapat dilanjutkan menjadi kopi darat di dunia nyata sehingga petualangan lebih meriah karena mendapat pemandu sekaligus teman baru. 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015