Silverstone (ANTARA News) - Publik tuan rumah bersorak gembira untuk Lewis Hamilton, namun rekan setimnya di Mercedes Nico Rosberg memuncaki catatan waktu pebalap pada kedua sesi latihan untuk Grand Prix Britania pada Jumat.

Pebalap Jerman itu 0,070 detik lebih cepat daripada juara dunia Formula 1 dua kali itu pada sesi pagi yang bermasalah, namun ia unggul lebih jauh pada sore hari ketika Hamilton berada di urutan keempat dan di belakang mobil-mobil Ferrari.

Rosberg, tertinggal sepuluh angka dari juara dunia dua kali Hamilton setelah delapan dari 19 balap musim ini, mencatatkan waktu terbaik satu menit 34,274 detik pada pagi yang cerah dan hangat di Silverstone, dan 1:34,155 pada sore hari.

Pemenang tiga dari empat balap terakhir Rosberg lebih banyak duduk pada sesi pertama, ketika para mekanik mengganti girbox mobilnya karena kerusakan hidrolik, yang membuatnya berhenti di trek saat dirinya baru menyelesaikan lima putaran.

Mercedes ditegur karena menutupi mobil mereka, yang merupakan pelanggaran terhadap peraturan, ketika mobil itu kembali ke paddock.

Ia memiliki waktu untuk 12 putaran saat mobil itu telah selesai diperbaiki, berbanding dengan 26 putaran milik Hamilton, namun mampu memperbaiki waktu yang hilang dengan meningkatkan kecepatan.

Hamilton, yang dapat mengharapkan dukungan besar dari 140.000 penonton pada Minggu, sempat terpelintir di Stowe tanpa konsekuensi, namun ia kesulitan mengembangkan kecepatan setelah makan siang.

"Mobil berada di luar tempatnya. Saya tidak dapat melaju lebih cepat daripada saya saat ini," ucapnya melalui radio. Sementara itu, Rosberg tidak mengalami masalah dengan mobilnya.

Pebalap Ferrari Kimi Raikkonen, yang sempat mengalami kecelakaan pada balap sebelumnya di Austria, menduduki urutan keempat dan kedua, sedangkan rekan setimnya Sebastian Vettel merayakan ulang tahun ke-28nya dengan menghuni urutan keenam dan ketiga.

Pebalap Jerman Nico Hulkenberg, dengan mobil Force India yang sudah diperbarui untuk mendapatkan laju yang layak untuk pertama kalinya, menduduki urutan kesembilan dan kedelapan tercepat di belakang pebalap-pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo and Daniil Kvyat, yang menghuni urutan keenam dan kelima pada sesi kedua.

Laju buruk McLaren yang mendapat sokongan Honda berlanjut dengan Fernando Alonso dan Jenson Button hanya mampu lebih cepat daripada Manor Marussia.

Pada suatu saat di sore hari, ketika ditanyai apakah dirinya menginginkan putaran lain, Button menjawab, "Tidak. Stabilitasnya buruk... Mobil memantul di semua tempat."

Tiga mobil keluar dari Luffield pada sore hari, termasuk Alonso, di mana pebalap Lotus Romain Grosjean dan pebalap Manor Roberto Merhi membuat bendera merah berkibar, ketika mereka terjebak di gravel.

Pebalap pengembang Susie Wolff melakukan penampilan pertamanya di akhir pekan untuk Williams dan menduduki urutan ke-13 tercepat. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/A016)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015