yang dipertaruhkan adalah apakah pemerasan akan mengantarkan kita menerima berlanjutnya kebijakan yang oleh para kreditor sendiri diakui sebagai jalan buntu
Athena (ANTARA News) - Perdana Menteri Yunani yang berhaluan kiri berkata kepada puluhan ribu pendukungnya di Athena, Jumat waktu setempat, bahwa suara "Tidak" pada referendum bailout akhir pekan ini akan menjadi pilihan "hidup dengan harga diri di dalam Eropa".

PM Alexis Tsipras mendesak rakyat Yunani untuk dengan bangga mengatakan "Tidak" terhadap berbagai ultimatum dan kepada mereka yang meneror rakyat Yunani.

Permintaan ini dia sampaikan kepada ribuan massa yang menggelar unjuk rasa menjelang referendum bailout Minggu yang disebut akan menentukan masa depan Yunani dalam rezim mata uang tunggal Eropa.

"Pada Minggu, yang akan dipertaruhkan bukanlah keanggotan Yunani di Eropa, yang dipertaruhkan adalah apakah pemerasan akan mengantarkan kita menerima berlanjutnya kebijakan yang oleh para kreditor sendiri diakui sebagai jalan buntu," kata Tsipras.

"Pada Minggu, yang dipertaruhkan adalah apakah kita akan memberikan persetujuan kita untuk kematian pelan-pelan ekonomi kita."

Para penentangnya menuduh Tsipras sedang menjudikan masa depan Yunani dengan menggelar plebisit yang disebut lembaga-lembaga watchdog Eropa keluar dari standard kejujuran.

Tiga jajak pendapat yang disiarkan Jumat menyebutkan suara "Ya" ternyata memimpin 0,5 persen dari suara "Tidak" untuk bailout, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015