Bondowoso (ANTARA News) - Warga Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, yang terdekat dengan Gunung Raung tetap beraktivitas seperti biasa, meskipun ada peningkatan aktivitas kegempaan dan berstatus Siaga.

"Masyarakat masih tetap beraktivitas, namun kami meminta waspada jika sewaktu-waktu harus mengungsi harus siap," kata Kepala Desa Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso, Pratikno, ketika ditemui saat mengunjungi warga di Dusun Legan, Sabtu.

Dusun Legan, Desa/Kecamatan Sumber Wringin merupakan lokasi terdekat dengan kawah gunung berketinggian sekitar 3.332 meter di atas permukaan laut itu. Dusun Legan penduduk 391 jiwa itu berada sekitar 10 kilometer dari kawah.

Menurut Pratikno, umumnya warga Dusun Legan bekerja sebagai petani kopi rakyat dan sayur. Mereka tetap mengerjakan lahan pertaniannya sambil menunggu instruksi dari pihaknya maupun Satgas Penanggulangan Bencana Gunung Raung yang dibentuk pemerintah daerah.

"Kami sendiri sudah menyiapkan relawan-relawan warga setempat untuk memandu warga jika terjadi letusan Gunung Raung. Kami juga menyiapkan puluhan motor dan mobil milik warga yang sewaktu-waktu bisa digunakan mengungsi,"katanya.

Pihaknya juga memberikan alat komunikasi HT kepada para relawan untuk menyampaikan informasi-informasi penting. Hal itu dilakukan karena untuk komunikasi seluler tidak ada sinyal sama sekali.

Pewarta: Masuki M Astro
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015