Bandung (ANTARA News) - Selain modifikasi, personalisasi menjadi cara lain agar penampilan mobil nampak berbeda. Salah satu caranya dengan menerapkan seni doodle.

"Tujuan melakukan personalisasi agar orang lain mengenali mobil kita, atau supaya mobil kita kelihatan beda," kata Boy Beding, pengamat otomotif, dalam acara Avanza Pop You Up di Bandung, Sabtu.

Lebih lanjut Boy menjelaskan bahwa personalisasi berbeda dari modifikasi di mana modifikasi lebih ke arah kecanggihan, sementara personalisasi disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Salah satu cara personalisasi adalah dengan doodling. "Doodling ada hubungannya dengan personalisasi. Kalau sticker bisa mirip satu dengan yang lain, kalau doodle karena sebuah karya akan beda satu dan yang lain," kata Boy.

Untuk menerapkan doodle dalam mobil sebagai media, doodle artist Irvin Jasta menyarankan untuk membuat konsep terlebih dahulu. Untuk membuat konsep pengguna dapat memanfaatkan program komputer.

"Dari kecil disadari atau tidak sebenarnya kita sudah melakukan doodling, corat-coret itu sebenarnya doodling, jadi kalau doodling relax, mengalir saja," ujar Irvin.

"Jadi, sekarang kalau bosan sama tampilan mobil bisa di-sticker untuk media dasar kemudian gunakan spidol acrylic dan mulailah men-doodling," tambah dia.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015