Ambon (ANTARA News) - Angin kencang dengan kecepatan mencapai 45 Km/jam berhembus di empat wilayah perbatasan Provinsi Maluku pada beberapa hari ke depan.

"Wilayah perbatasan tersebut adalah Maluku Barat Daya (MBD), Maluku Tenggara Barat (MTB), Maluku Tenggara dan Kota Tual," kata Kepala BMKG Stasiun Pattimura Ambon, George Mahubessy, di Ambon, Sabtu.

Kabupaten Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual secara geografis berbatasan dengan Australia, sedangkan MBD dan MTB dekat negara tetangga Timor Leste.

Kecepatan angin mencapai bervariasi 30 - 35 Km/jam terjadi di Kota Ambon, Kabupaten Buru dan Kabupaten Seram Bagian Timur(SBT).

Sedangkan kecepatan angin di bawah 25 KM/jam berpeluang terjadi di Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Buru Selatan dan Kabupaten Kepulauan Aru.

George mengemukakan, angin kencang juga mempengaruhi cuaca di lima daerah tersebut berawan.

Sedangkan hujan ringan berpeluang terjadi di Kota Ambon, Maluku Tengah, SBB, SBT Buru dan Buru Selatan.

Dia juga mengharapkan para Bupati dan Wali Kota agar mengimbau perusahaan penyedia maupun pengguna jasa transportasi untuk memperhatikan perubahan cuaca secara ekstrem.

Dalam kondisi cuaca ekstrim, maka Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon berwenang tidak memberikan izin berlayar, bahkan sekiranya dipandang perlu aktivitas pelayaran untuk sementara ditutup sambil menunggu laporan perkembangan cuaca terbaru.

Begitu pun, untuk aktivitas penerbangan dari bandara Internasional Pattimura, Kota Ambon ke wilayah perbatasan.

Pewarta: Alex Sariwating
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015