Jakarta (ANTARA News) - Cile menjadi juara Piala Amerika 2015 untuk pertama kalinya setelah mengalahkan Argentina 4-1 pada babak adu penalti di Stadion Nasional Santiago, Cile, Minggu dini hari WIB.

Matias Fernandez, Arturo Vidal, Aranguiz, dan Alexis Sanchez menjadi empat penendang Cile yang sukses membobol gawang Argentina pada adu penalti yang berkesudahan 4-1 itu.

Sementara Argentina hanya mampu memasukkan satu gol penalti lewat sepakan Messi kerena tendangan Higuain meleset dan sepakan Banega ditangkap Bravo.

Pada jalannya laga, Cile memiliki peluang lewat tendangan Vargas usai mendapatkan umpan Arturo Vidal di menit ke-6 namun gagal. Arturo Vidal juga tidak mampu memaksimalkan umpan silang Sanchez karena bola hasil tendangan kaki kirinya ditangkap Romero di menit 13.

Laga ditunda sejenak di menit 25 akibat Angel Di Maria menderita cedera. Posisinya kemudian digantikan Ezequiel Lavezzi.

Cile memiliki peluang dari sepakan kaki kanan Sanchez di menit 44. Satu menit kemudian Argentina membalas lewat sepakan keras Lavezzi yang mampu ditepis Bravo. Skor 0-0 bertahan hingga istirahat babak pertama.

Pada babak kedua sepak pojok Aranguiz berhasil disambut sepakan kaki kanan Valdivia namun arah bola tidak akurat di menit 52.

Sundulan Otamendi setelah menerima sepak pojok Lavezzi di menit 58 pun gagal berbuah gol. Umpan Mauricio Isla di menit 73 pun gagal dikonversi Vargas menjadi gol.

Satu-satunya peluang emas bagi Argentina gagal dimaksimalkan Higuain ketika menerima umpan tarik Lavezzi meneruskan serangan balik yang dibangun Messi di menit 90+2. Skor imbang 0-0 memaksa laga dilanjutkan ke babak tambahan 2x15menit.

Pada menit 105 serangan balik Alexis Sanchez berhasil melewati barisan pertahanan Argentina namun sepakannya melambung ke atas gawang Argentina. Hingga menit 120 tidak ada gol yang tercipta sehingga laga dilanjutkan ke adu penalti yang dimenangkan CIle 4-1.

Statistik Conmebol mencatat Cile melepaskan 16 sepakan ke gawang Argentina sementara Tim Tango hanya melepaskan enam tembakan. Dari sisi penguasaan bola kedua tim nyaris imbang dengan 52 banding 48 persen.

Berikut susunan pemain kedua tim dilansir dari situs resmi Conmebol:

Argentina (4-3-3): Romero; Zabaleta, Demichelis, Otamendi, Rojo; Biglia, Mascherano, Pastore (Banega); Messi, Aguero (Gonzalo Higuain), Di Maria (Ezequiel Lavezzi).
Pelatih: Gerardo Martino.

Chile (4-3-1-2): Bravo; Isla, Medel, Silva, Beausejour; Vidal, Diaz, Aranguiz; Valdivia (Matias Fernandez); Vargas (Henriquez), Sanchez.
Pelatih : Jorge Sampaoli.

Wasit: Wilmar Roldan (Kolombia).

Pewarta: Alviansyah Pasatibu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015