Pekanbaru (ANTARA News) - Maskapai pelat merah PT Garuda Indonesia (Persero) Cabang Pekanbaru telah menyiapkan 38.556 kursi penerbangan Pekanbaru-Jakarta dan sebaliknya untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada mudik Lebaran 2015.

"Kita siapkan 38.556 kursi untuk memenuhi harapan pengguna jasa angkutan udara pada musim Lebaran tahun ini," tutur Kepala Pelayanan dan Penjualan Garuda Indonesia Kantor Cabang Pekanbaru, Susanna Saragih, melalui telepon genggam dari Pekanbaru, Minggu.

Ia menuturkan, 38.000 lebih kursi tersebut disiapkan mulai H-7 atau tanggal 10 Juli 2015 sampai dengan H+9 atau pada 26 Juli 2015 untuk rute Pekanbaru-Jakarta pergi pulang selama tujuh kali dalam satu hari.

Dengan mengoperasikan armada pesawat tipe Boeing 737 seri 800 dilengkapi dengan 12 kursi kelas bisnis dan 150 kursi kelas ekonomi untuk setiap kali penerbangan dengan layanan penuh, pihaknya yakin dapat memenuhi lonjakan penumpang Garuda Indonesia.

"Sama seperti tahun lalu, musim Lebaran kali ini kita tidak ada melakukan penerbangan ekstra baik dari Jakarta ke Pekanbaru atau sebaliknya. Tetapi kita tambah dari enam kali, jadi tujuh kali sehari pergi pulang," ucapnya.

Pihaknya tetap mengimbau kepada para calon penumpang maskapai tersebut untuk menggunakan fasilitas seperti "city check-in" di kantor-kantor penjualan Garuda Indonesia atau fasilitas "phone check-in" atau fasilitas "web check-in" demi menghindari terjadinya antrean panjang di konter bandara setempat.

"Yang jelas, masih ada sisa kursi yang tersedia. Meski tidak banyak, karena calon penumpang telah booking jauh hari sebelum Lebaran," terangnya.

"Karena sering terjadi kemacetan lalulintas ke arah bandara, maka kami mengimbau calon penumpang untuk dapat berangkat lebih awal ke bandara guna menghindari keterlambatan dan demi kenyamanan," kata Saragih.

Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia, Pujobroto sebelumnya mengatakan, sebanyak 1,61 juta kursi penumpang akan tersedia pada arus balik dan arus mudik Lebaran 2015 mulai 9 Juli sampai 27 Juli 2015 atau periode H-8 sampai H+10 Lebaran.

"Jumlah tersebut meningkat sebesar 8 persen dibanding periode yang sama tahun 2014 lalu sebanyak 1,49 juta kursi," katanya.

Pujobroto menuturkan, beberapa rute baik di dalam dan luar negeri mengalami permintaan peningkatan signifikan, karena itu pihaknya menambah kapasitas sebanyak 16.044 kursi yaitu pada rute-rute dari Jakarta menuju Denpasar, Padang, Surabaya, Yogyakarta, Singapura, Hong Kong, Sydney dan Perth.

"Penambahan kapasitas pada rute-rute tersebut dilaksanakan melalui dua cara, yaitu melalui pengoperasian pesawat yang lebih besar (bigger aircraft) dan pelaksanaan extra flight," katanya.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015