Jakarta (ANTARA News) - Mantan Presiden keenam Indonesia sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Yudhoyono, mengatakan Presiden Jokowi bisa menjelaskan respon kebijakan atas masalah ekonomi yang sedang dihadapi agar rakyat tenang.

"Sekarang dibicarakan masalah ekonomi. Saya kira pak Jokowi bisa menjelaskan ke kita, rakyat Indonesia, dunia usaha, pasar di dalam dan luar negeri, bahwa, oke ada masalah ekonomi, tapi ini ada tanggapan kebijakan, dan akan dijalankan," kata SBY, di sela Rapimnas Partai Demokrat, di Jakarta, Minggu.

Menurut SBY, jika ada pernyataan langsung dari seorang presiden atas respon kebijakan yang akan dijalankan untuk menyelesaikan masalah, maka rakyat akan tenang, dan pasar serta dunia akan merespon dengan baik.

Dia mengatakan salah satu tugas dan tanggung jawab seorang presiden adalah menjawab persoalan dengn menyatakan kebijakan dan tindakan yang akan ditempuh.

"Saya dulu juga begitu, selama 10 tahun (menjabat presiden) tidak sepi dari masalah dan tantangan. Tapi memang begitu tugas dan tanggung jawab presiden," kata dia. 

Hingga bulan ke sembilan pemerintahan Jokowi, masih terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi. 

Pewarta: Rangga Jingga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015