Tangerang, Banten (ANTARA News) - Penerbangan tujuan domestik yang sebelumnya tertunda akibat kebakaran di JW Lounge, Terminal 2E Keberangkatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, Tangerang, Banten, sudah kembali normal.

Head of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi, di Tangerang, Minggu, mengatakan, penerbangan Garuda dengan tujuan Yogyakarta, Pekanbaru, Batam, Makassar, Semarang, Palembang, Pontianak, sudah diberangkatkan.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyaman akibat terjadinya kebakaran ini dan kami berupaya untuk secepatnya memulihkan keadaan menjadi normal kembali," katanya.

Dikatakan dia, ada 30 penerbangan yang tertunda di atas 30 menit terkait insiden kebakaran itu. Sebagai langkah darurat maka ditempuh perubahan proses lapor diri (check-in) di bandara.

Untuk penumpang domestik Garuda Indonesia dipusatkan di Terminal 2F dan penumpang internasional di Terminal 2D.

Maskapai Garuda tetap mengupayakan layanan lapor diri secara manual karena sistem belum berfungsi.

Garuda juga akan mengoperasikan pesawat berbadan lebar untuk mengangkut penumpang yang sudah tertunda itu khusus keberangkatan ke Surabaya dan Denpasar, sehingga jadwal keberangkatan bisa dilakukan hari itu juga. 

Selain itu, penumpang Garuda juga diberikan fasilitas penjadwalan ulang. Tidak diketahui potensi kerugian dari penundaan banyak penerbangan itu. 

Langkah darurat lain, seluruh operasional penerbangan luar negeri termasuk proses lapor diri Lion Air dan Malindo yang sebelumnya di Terminal 2 dipindahkan ke Terminal 3.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015