... pengamalan Pancasila itu harus dimulai saat ini, detik ini...
Bogor (ANTARA News) - Anggota MPR Fraksi Partai Hanura, Djoni Rolindrawan, mengatakan, pengamalan Pancasila perlu terus dilakukan untuk menangkis hilangnya pemahaman Pancasila dari benar rakyat Indonesia terutama para generasi muda.

"Secara umum, pengamalan Pancasila itu harus dimulai saat ini, detik ini. Awalnya amalkanlah di lingkup terkecil di sekitar kita, setelah itu, baru meningkat ke lingkup keluarga besar kemudian bertambah di lingkup masyarakat luas," katanya, dalam seminar nasional di Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Dalam seminar yang dihadiri mahasiswa se-Kota Bogor itu, Djoni menyatakan, hilangnya pemahaman Pancasila dapat mengakibatkan menurun atau lunturnya nasionalisme rakyat.  

"Kalau hal tersebut dibiarkan, akan sangat berbahaya bagi kelangsungan bernegara," ujarnya pada seminar bertajuk "Membangun Partisipasi Politik Kebangsaan di Kalangan Generasi Bangsa" itu.

Pengamalan Pancasila, lanjut Djoni, sebenarnya sangatlah mudah. Contohnya, keyakinan kepada Tuhan bahwa Tuhan ada di mana-mana dan selalu mengawasi gerak manusia.

"Keyakinan kepada Tuhan itulah yang tercantum dalam pengamalan Pancasila sila yang pertama," katanya.

Ia yakin, jika sila ini diterapkan dalam keseharian, rakyat Indonesia dapat terhindar dari perbuatan negatif karena menyadari bahwa Tuhan selalu mengawasi.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015