... tapi nanti...
Bogor (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, seluruh persyaratan administratif bagi calon panglima TNI dan kepala BIN yang baru sudah seluruhnya lengkap sehingga tinggal menunggu saat yang tepat untuk dilantik.

Kedua calon pejabat puncak di institusi masing-masing itu adalah Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (saat ini Kepala Staf TNI AD), dan Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Sutiyoso. 

Pada hari Jokowi mengumumkan hal ini, Lebaran tinggal 13 hari lagi, dan masa-masa itu memerlukan pengamanan khusus dari berbagai instansi negara --di antaranya TNI dan intelijen-- karena puluhan juta orang mudik berbarengan. 

Pada sisi lain, Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko, akan berulang tahun ke-58 pada Selasa nanti (8/7). 

Jokowi usai shalat taraweh di Istana Bogor, Minggu malam, menyatakan, rencananya pelantikan dua pejabat itu dilakukan bersamaan. "Iya (dilantik bareng), tapi nanti," katanya saat ditanya wartawan.

Ia menyebut seluruh persyaratan administrasi bagi keduanya sudah lengkap.

Namun saat ditanya kenapa keduanya tidak segera dilantik, Jokowi menyebut tinggal menunggu penentuan waktunya oleh Sekretariat Negara. "Sudah semua, tinggal dilantik. Tanya ke Setneg waktunya," katanya.

Jokowi mengisyaratkan pelantikan keduanya belum akan dilakukan pada Senin (6/7), sebagaimana yang disampaikan Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki, sebelumnya.

Pewarta: Hanni Soepardi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015