Kamis, 17 Agustus 2017

Presiden resmikan PLTP Kamojang V

| 9.949 Views
Presiden resmikan PLTP Kamojang V
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kanan), Dirut Pertamina Dwi Soetjipto (kanan) dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (kiri) menekan tombol sirine bersama saat peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang Unit 5 yang berkapasitas 1 x 35 MW di Garut, Jawa Barat, Minggu (5/7/15). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Garut (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo, Minggu dijadwalkan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang V di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Presiden dengan menggunakan Helikopter akan bertolak dari Bogor menuju Garut dan tiba di PLTP Kamojang V.

Dalam akun twitter resmi Presiden Joko Widodo, @jokowi secara khusus dipaparkan mengenai rencana peresmian pembangkit listrik tersebut.

Dari pantauan Antara, Minggu, dalam tweet yang dikirimkan sekitar pukul 04.00 WIB, dipaparkan pandangan Presiden mengenai upaya untuk terus meningkatkan kemampuan penyediaan energi.

"Mohon doa, pagi ini di Garut saya akan meresmikan PLTP Kamojang V Garut dan ground breaking PLTP Ulubelu III dan IV Lampung," demikian tweet dalam akun Presiden Jokowi.

"Kita harus melakukan percepatan bauran energi terbarukan. Energi fosil harus mulai dikurangi," katanya.

Ditambahkan dalam tweet tersebut,"kita punya panas bumi, angin, air, biomasa dan bioenergi yang belum kita tergarap maksimal."

"Negeri kita masuk kategori kawasan cincin api, potensi panas buminya melimpah. Itu berkah tersembunyi,kita harus mengolahnya," demikian tweet selanjutnya.

Ditambahkannya,"bahkan sampah dan kotoran ternak juga merupakan potensi energi. Sebagai bahan bakar alternatif ramah lingkungan. Kandungan CO2 hasil pembakaran sampah sangat kecil. Aman."

"Gas rawa yang tersembunyi di balik gambut juga merupakan potensi energi yang leluasa dikembangkan. Potensi gas rawa terutama di luar Pulau Jawa bisa dikembangkan untuk pembangkit skala kecil," katanya.

Dalam kicauan tersebut juga disampaikan pentingnya mendorong pengembangan potensi energi di seluruh Indonesia berdasarkan studi yang ada.

"Tugas kita semua, pemerintah, swasta dan masyarakat untuk mengeksplorasi sambil menjaga kelestarian lingkungan. Semoga negeri kita selalu diberkati Allah, makin maju dan kemandirian energi nasional terwujud," kata Presiden dalam tweet-nya.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga