Jakarta (ANTARA News) - PT XL Axiata Tbk (XL) secara resmi meluncurkan layanan 4G LTE pada frekuensi 1800 MHZ, di Mataram, Lombok, sebagai kota pertama komersialisasi layanan ini.

"Lombok dipilih karena sebagai tujuan terbesar untuk wisata setelah Bali. Wilayah ini nantinya menjadi key driver untuk penyediaan layanan komersial XL 4G LTE di seluruh Indonesia," kata Chief Service Management Officer XL Axiata, Ongky Kurniawan, dari Lombok, Senin.

Ongky, lebih lanjut mengatakan, XL memiliki hubungan yang spesial dengan masyarakat Lombok dan NTB yang meberikan kepercayaan kepada XL untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi dan terus berkembang ke layanan data dan internet.

Pangsa XL lebih dari 85 persen di Lombok yang menunjukkan suatu kehormatan bagi XL bisa hadir sebagai apresiasi kepada masyarakat NTB.

"Saat ini XL telah memiliki 14 BTS 4G untuk meng-cover sejumlah area di ibu kota NTB, pusat kegiatan pemerintahan, bisnis dan aktivitas warga, juga pusat-pusat keramaian, masuk dalam area tersebut. Beberapa di antaranya adalah pusat perbelanjaan Mataram Mall.

Ongky menambahkan, layanan 4G LTE di 1800 MHz, secara teknis mempunyai keunggulan khusus yang memungkinkan akses internet super cepat hingga 100 Mbps.

Dengan frekuensi tersebut maka manfaat dari teknologi 4G LTE bisa secara maksimal diberikan kepada masyarakat Indonesia.

Infrastruktur jaringannya lebih leluasa karena memang khusus untuk layanan 4G. Manfaat lain yang bisa diraih pelanggan XL adalah sejumlah aplikasi khusus multifungsi, di antaranya VoLTE (Voice over LTE), dan juga Rich Communication Suite over LTE (RCS).

Ongky menambahkan, setelah Lombok, menyusul kemudian masyarakat di Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Jakarta akan menyusul di tahun 2015 ini, juga untuk bisa menikmati manfaat internet super cepat.

Selain itu, kota-kota yang sebelumnya telah ter-cover dengan layanan 4G LTE di frekuensi 900 MHz juga akan bisa ikut menikmati layanan di 1800 MHz, yaitu Medan, Bogor, dan Yogyakarta. Total BTS 4G XL di seluruh area layanan mencapai lebih dari 200 unit.

Dengan frekuensi tersebut maka manfaat dari teknologi 4G LTE bisa secara maksimal diberikan kepada masyarakat Indonesia.

Masyarakat dan pelanggan XL lebih mudah mengakses 4G LTE karena ekosistemnya lebih mudah dibangun, seperti antara lain ketersediaan handset smartphone dengan kemampuan akses 4G LTE berharga terjangkau.

Beberapa merk yang telah bekerja sama dengan XL antara lain LG, Sony, Huawei, Sharp, Alcatel, dan Lenovo.***3***(R017)

(T.R017/B/J003/J003) 06-07-2015 12:22:29

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015