Jakarta (ANTARA News ) - Sejumlah musisi yang merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB), seperti Iin Parlina, Candil, Purwacaraka, Gita "The Voice", Imel, Ferina, Denis Suhendra "Krakatau, Erwin Badudu, dan lainnya mengaransemen 25 lagu grup Bimbo.

"Kami mendukung 25 lagu lawas usungan, diaransemen ulang dan direkam dalam dua CD album bertajuk ITB Menyanyi Bimbo yang melibatkan 250 artis terdiri para alumni, dosen dan mahasiswa," ujar seorang personel Bimbo, Sam, di Jakarta, Senin.

Album tersebut, sambung dia, merupakan pertanda kembalinya Bimbo ke dapur rekaman.

"Kami akan segera meluncurkan karya musik dan lagu terbaru kami, baik album religi maupun pop," tambah penyanyi bernama asli Raden Muhammad Samsudin Hadjakusumah tersebut.

Sam "Bimbo" merupakan alumni ITB angkatan 1968 Jurusan Seni Rupa tersebut berharap masyarakat semakin menghargai karya seni.

"Saya ingin kehidupan musisi di Tanah Air semakin baik dan masyarakat menghargai karya-karyanya. Pemerintah hendaknya juga konsisten memberantas pembajakan VCD, CD dan DVD sehingga tidak merugikan para penyanyi dan pencipta lagu," kata dia.

Selama dua tahun terakhir, dia enggan melansir album religi terbaru. Padahal, pihaknya masih mempunyai stok sekitar 300 lagu terbaru.

"Kami malas melansir album baru karena maraknya pembajakan via internet dan lemahnya penegakan hukum kepada pelaku pembajakan dan pengedar produk bajakan," keluh dia.

Tim Produksi Album ITB Menyanyi Bimbo, Toni Sianipar, mengatakan perekaman kembali lagu-lagu Bimbo dalam format dan aransmen baru merupakan apresiasi kepada musisi besar di Tanah Air.

"Sekaligus mendukung program perlindungan hak cipta dengan melakukan proses perhitungan royalti sesuai ketentuan perundang-undangan. Sehingga pencipta dan pemilik hak terkait lagu-lagu dan musik bisa mendapatkan kesejahteraan," kata Toni.

Pewarta: Indriani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015