Balikpapan (ANTARA News) - Indosat secara resmi meluncurkan layantan 4G LTE (long term evolution) di kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin, sehingga pengguna operator telepon ini bisa memperoleh kecepatan internet yang sangat cepat.

Indosat adalah operator pertama yang menluncurkan layanan ini di Balikpapan, dan kota ini menjadi kota ke-5 yang mendapat  layanan berbasis LTE dari operator telepon ini setelah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali.

Menurut Head Network Optimalization Indosat, Joko Riwandi, kecepatan download (unduh) 4G LTE di Balikpapan bisa mencapai 105 Mpbs, namun rata-rata sekitar 70 Mpbs. Kecepatan 4G LTE sendiri sebenarnya bisa mencapai 185 Mpbs.

Sementara itu kecepatan upload (unggah), kata Joko, biasanya seperempat dari kecepatan downloadnya. Ia mengatakan kawasan yang tercakup layanan 4G LTE di Balikpapan mencapai 40--50 persen.

Joko mengatakan dengan adanya teknologi 4G LTE maka pelanggan bisa mengakes internet super cepat. "Orang mungkin tidak hanya ingin mengirim email dengan teks saja, namun dengan 4G maka memungkinkan mengirim foto dengan kualitas tinggi bahkan video," katanya.

Selain itu, katanya, layanan ini memungkinkan HD voice sehingga kualitas suara sangat jernih seolah-olah seperti sedang berhadapan langsung. Video streaming pun dimungkinkan tanpa buffering (jeda).

Balikpapan dipilih untuk mendapat layanan 4G karena Balikpapan merupakan salah satu kota yang pertumbuhannya cukup baik da merupakan hub untuk daerah-daerah lainnya di Kalimantan.

Khusus untuk Balikpapan, Indosat juga mengadakan promo paket smartphone 4G LTE di E Walk Mall mulai 6-9 Juli 2015. Salah satu penawaran adalah harga smartphone dengan harga di bawah Rp1 juta termasuk paket Mentari 3 GB dengan masa aktif 3 bulan.

Sementara itu teknologi 3G yang kini digunakan secara teori bisa mencapai 42 Mpbs. Namun, menurut Head Data Service Indosat Fidesia Noor, kecepatan internet rata-rata di Indonesia selama ini hanya 2,2 Mpbs dan maksimal 17,5 Mpbs.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015