Sebagai pangkalan data online, Data Politik juga dapat diakses melalui situs datapolitik.org."
Depok (ANTARA News) - Departemen Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (Puskapol FISIP UI) meluncurkan sebuah aplikasi ponsel pintar berbasis android bernama Data Politik.

"Sebagai pangkalan data online, Data Politik juga dapat diakses melalui situs datapolitik.org," kata Peneliti Puskapol FISIP UI Dirga Ardiansa, di Depok, Senin.

Ia mengatakan data yang disajikan dalam situs maupun aplikasi tersebut diharapkan dapat menjadi sumber rujukan saat melakukan
analisis, pengambilan kebijakan dan produksi pengetahuan di bidang politik, sosial, dan ekonomi maupun oleh para akademisi, masyarakat sipil, praktisi, maupun media.

"Data Politik merupakan aplikasi berbasis pada aplikasi GIS dan Geospasial yang mencakup data dan informasi politik Indonesia, termasuk data hasil pemilu," katanya.

Beragam data yang tersedia saat ini adalah perolehan suara partai hasil pemilu legislatif 2009 dan 2014, peolehan suara pilpres 2014 dan perolehan kursi pileg 2009 dan 2014. Data dan informasi tidak hanya ditampilkan dalam bentuk numerik/kuantitatif, tetapi juga kategorik/naratif/kualitatif yang berbasis pada spasial.

Menurut dia Data Politik mampu menampilkan data dan informasi mengenai distribusi hasil perolehan suara dan kursi partai politik di seluruh kabupaten/kota maupun provinsi.

Pengguna dapat secara interaktif menampilkan, menyeleksi, membandingkan data yang diinginkan. Tampilan peta spasial yang mencakup seluruh wilayah Indonesia akan memudahkan anda melakukan analisis geopolitik kekuatan partai politik di Indonesia.

Ia menambahkan, dalam pengembangannya, Data Politik tidak hanya menghasilkan database hasil pemilu saja melainkan juga menyediakan data variabel penunjang berbasis spasial kabupaten/kota, baik data sosial dan data ekonomi dari berbagai sumber resmi lain untuk ditampilkan dalam proyeksi peta spasial.

Sejumlah data yang akan diintegrasikan ke datapolitik.org diantaranya Data potensi konflik di seluruh kabupaten/kota; Data pelanggaran HAM di seluruh kabupaten/kota ; Data upah minimum kabupaten/kota; Data pejabat gubernur, Walikota, dan Bupati; Data berbagai indeks (indeks demokrasi, indeks pelembagaan partai, indeks kesetaraan gender, indeks tata kelola pemerintahan) berbasis pada kabupaten/kota.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015