Kami akan berjuang untuk bisa bertanding di Rio de Janeiro (tempat pelaksanaan Olimpiade 2016) dan kami juga harus mulai mempersiapkan diri untuk turnamen Piala Asia Timur yang akan digelar kurang dari satu bulan ini,"
Vancouver (ANTARA News) - Pelatih timnas Jepang Norio Sasaki mengatakan bahwa "Nadeshiko" akan fokus pada kualifikasi Olimpiade 2016 setelah gagal mempertahankan gelar juara Piala Dunia Wanita tahun ini.

Jepang yang tunduk 4-0 di perempat pertandingan, harus rela dikalahkan dengan skor 5-2 oleh Amerika Serikat, yang sebelumnya pernah menjadi juara pada 1991 dan 1999.

Pertandingan itu adalah kali ketiga kedua negara tersebut beradu dalam final kompetisi utama dimana Jepang sebelumnya memenangkan Piala Dunia Wanita 2011 sedangkan AS membawa pulang emas Olimpiade.

"Hanya dua tim Asia yang bisa bertanding dalam Olimpiade, maka persaingannya akan sangat ketat," ujar Sasaki yang akan berkompetisi melawan Australia, Korea Selatan, dan China pada kualifikasi Olimpiade 2016.

Meskipun kehilangan gelar juara yang mereka peroleh sebagai tim Asia pertama yang memenangkan Piala Dunia 2011, Sasaki menegaskan bahwa kekalahan di Piala Dunia tahun ini bukanlah akhir dari sepak bola Jepang.

"Kami akan berjuang untuk bisa bertanding di Rio de Janeiro (tempat pelaksanaan Olimpiade 2016) dan kami juga harus mulai mempersiapkan diri untuk turnamen Piala Asia Timur yang akan digelar kurang dari satu bulan ini," tutur Sasaki.

Ia mengatakan bahwa meskipun kecewa karena kalah, namun pertandingan melawan tim tangguh seperti AS dapat meningkatkan keterampilan para pemain Jepang.

"Ini merupakan pengalaman berharga bagi masa depan timnas Jepang dimana kami harus lebih mengembangkan strategi dan taktik untuk melawan tim-tim kuat lainnya," ujarnya.

Sasaki pun beranggapan masuknya Jepang ke final Piala Dunia tahun ini dapat menjadi semangat positif dimana timnas wanita Jepang mendapat banyak perhatian dan posisi yang membanggakan di kancah sepak bola dunia.

"Saya harap lebih banyak gadis yang tertarik untuk menjadi atlet sepak bola sehingga kami bisa terus meningkatkan level dan kualitas kami," tuturnya.

Piala Dunia Wanita 2015 menjadi ajang kualifikasi bagi tim-tim Eropa untuk berlaga di Olimpiade 2016.

Sebelumnya, Jerman dan Prancis telah memperoleh tiket untuk melaju ke Olimpiade yang akan digelar di Rio de Janeiro, Brasil, setelah mencapai babak semifinal dan perempatfinal Piala Dunia tahun ini.

(Uu.Y013/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015