New York (ANTARA News) - Wall Street berakhir turun moderat pada Senin (Selasa pagi WIB), bergabung dengan sebagian besar bursa global bergerak lebih rendah setelah referendum Yunani menolak langkah-langkah penghematan lebih lanjut, mengangkat kekhawatiran Athena bisa keluar dari zona euro.

Dow Jones Industrial Average turun 46,53 poin (0,26 persen) menjadi ditutup pada 17.683,58.

Indeks berbasis luas S&P 500 merosot 8,02 poin (0,39 persen) menjadi berakhir di 2.068,76, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq turun 17,27 poin (0,34 persen) menjadi 4.991,94.

Presiden Prancis Francois Hollande dan Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan pintu terbuka untuk kembali ke negosiasi utang dengan Yunani, tetapi menyerukan Athena untuk membuat proposal "serius" setelah pemilih Yunani secara tegas menolak langkah-langkah penghematan tambahan yang diminta oleh kreditor.

Penurunan saham-saham AS moderat dibandingkan dengan penurunan di pasar ekuitas utama Eropa dan di pasar minyak. Harga minyak AS turun hampir delapan persen.

"Mungkin apa yang pasar katakan adalah salah satu ekspektasi untuk pilihan tidak dan untuk keluar sudah dihargakan ke dalam pasar AS, atau harapan apapun yang terjadi di Yunani yang terkait dengan Eropa tidak akan mempengaruhi pertumbuhan AS," kata Sam Stovall, kepala strategi investasi di S&P Capital IQ.

Saham-saham yang terkait dengan minyak berakhir melemah, termasuk anggota Dow, Chevron, turun 1,2 persen, produsen minyak Apache merosot 2,3 persen dan raksasa jasa minyak Halliburton jatuh 2,8 persen.

Di antara anggota Dow, Wal-Mart naik 0,9 persen untuk memimpin indeks saham unggulan, namun General Electric turun 1,8 persen dan Intel kehilangan 1,7 persen.

Saham perusahaan asuransi kesehatan Humana naik 0,9 persen setelah meluncurkan sebuah kesepakatan 37 miliar dolar AS akan dibeli oleh rivalnya, Aetna. Saham Aetna turun 6,4 persen.

Saham Anthem dan Cigna, dua perusahaan asuransi kesehatan lainnya yang telah dilihat sebagai kemungkinan mitra merger, keduanya jatuh. Saham Anthem kehilangan 0,9 persen, sementara Cigna turun 0,8 persen.

Harga obligasi naik. Imbal hasil obligasi pemerintah AS berjangka 10-tahun turun menjadi 2,29 persen dari 2,38 persen pada Kamis, sementara 30-tahun turun menjadi 3,09 persen dari 3,19 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak berlawanan arah, demikian AFP.

(Uu.A026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015