Terkait bencana erupsi Gunung Sinabung, pimpinan DPR RI mendorong penanganannya dipimpin oleh Pemerintah Pusat."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Setya Novanto mendesak Pemerintah untuk mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) membentuk Tim Koordinasi Penanganan Bencana Sinabung berkaitan dengan dampak erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara.

"Terkait bencana erupsi Gunung Sinabung, pimpinan DPR RI mendorong penanganannya dipimpin oleh Pemerintah Pusat. Untuk itu diperlukan Keputusan Presiden tentang Tim Koordinasi Penanganan Bencana Sinabung," katanya saat penutupan masa sidang IV DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

Tim itu, dikemukakan Setya Novanto, sebaiknya dipimpin oleh seorang Menteri Koordinator.

"Sementara untuk tataran teknis operasional dapat dikoordinasikan oleh gubernur dan didampingi oleh bupati, serta pejabat daerah setempat," ujarnya.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu juga menyatakan, perlu diusulkan adanya mekanisme pengumpulan dan penyaluran sumbangan dari anggota DPR RI.

"Hal itu sebagai wujud kepedulian dan simpati anggota DPR RI terhadap bencana yang kerap terjadi di Tanah Air. Sebelumnya, pernah dilakukan penyaluran sumbangan dari anggota DPR RI melalui pemotongan gaji untuk beberapa bencana yang terjadi seperti Merapi, Sinabung, longsor di Banjar negara," katanya menambahkan.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015