Pontianak (ANTARA News) - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis memastikan pelaksanaan pilkada serentak yang akan dilaksanakan di tujuh kabupaten yang ada di provinsi itu akan berjalan aman, lancar dan tertib.

"Ini sudah terbukti pada setiap pelaksanaan Pilkada mulai dari pilkada Gubernur hingga Bupati/walikota berjalan aman dan sukses. Ini menujukan, bahwa rakyat Kalbar telah dewasa dalam hal berpolitik, untuk menentukan pilihannya," kata Cornelis, saat menghadiri kegiatan Safari Ramadhan di Kabupaten Sintang, Selasa.

Dia menambahkan, meskipun dalam pilihan ada perbedaan, namun usai pilkada semua masyarakat menerima hasil pemilu sebagai wujud kebersamaan dan persatuan yang harus dijunjung tinggi.

Seperti yang diketahui, pada Desember 2015 mendatang Kalimantan Barat akan melaksanakan Pilkada serentak di tujuh Kabupaten dalam pemilihan Bupati, diantaranya Kabupaten Ketapang, Sambas, Bengkayang, Sekadau, Melawi, Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu.

"Saat ini, wilayah Kalbar umumnya sudah kondusif, khusus Kabupaten Sintang salah satunya yang akan melaksanakan Pemilihan Bupati, hendaknya masyarakat Sintang dapat memberikan kontribusi dalam menjaga kedamaian serta menciptakan wilayah yang kondusif," tuturnya.

Dengan demikian, diharapkan masyarakat kabupaten itu mampu melaksanakan pilkada untuk menentukan pemimpin yang berkualitas lima tahun kedepan, dalam perbaikan guna menuju daerah yang makmur untuk kesejahteraan masyarakat Sintang.

"Jangan gara-gara pemilihan bupati kita terpecah belah, pilihan boleh berbeda, tapi tujuan harus satu membangun daerah. Kalau daerah kita kondusif, segala pembangunan dapat dilaksanakan, juga investor mau datang dan berinvestasi, " katanya.

Dikatakan Cornelis, semenjak dirinya menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Barat, mulai periode pertama hingga saat ini Kalbar tetap aman, tidak adanya terjadi gejolak sosial . Kerukunanan umat dan kebersamaan tetap terjalin dengan baik.

"Ini lah yang menjadi harapan kita bersama," kata Cornelis.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya juga mengatakan dalam rangka menyongsong pelaksanaan Pilkada serentak yang dilaksanakan pada tujuh kabupaten se-Kalbar dimana tahapannya telah dilaksanakan pada bulan Juni kemarin.

Terkait hal itu, dia menhimbau kepada seluruh jajaran Pemprov Kalbar untuk turut berperan serta menyukseskan Pilkada tersebut dalam bentuk memberikan akses informasi yang jelas kepada masyarakat terkait dengan agenda Pilkada dimaksud.

"Aparatur pemerintah diminta juga untuk menghimbau kepada keluarga dan masyarakat yang mempunyai hak pilih agar dapat memberikan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani secara Luber dalam Pilkada nanti. Jangan sampai ada yang Golput, atau jangan sampai ada yang mencoblos lebih dari satu calon, sehingga suara menjadi tidak sah," katanya. Dia juga menghimbau agar masayarakat tidak bertindak anarkis apabila calon pilihannya tidak terpilih.

"Jangan bertindak anarkis apabila calon pilihan kita tidak terpilih, dan siapapun yang terpilih nantinya mari kita doa akan agar dapat bekerja dengan baik, dan dapat membawa rakyat serta daerah yang dipimpinnya dapat lebih maju, sehingga dapat juga membawa Kalimantan Barat kearah yang lebih baik" kata Christiandy.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015