Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Setya Novanto bersama dengan pimpinan Komisi V DPR melakukan peninjauan ke pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara dalam rangka Mudik Idul Fitri 2015.

"Kunjungan ini, dalam rangka untuk melihat persiapan masyarakat untuk mudik lebaran dengan menggunakan angkutan laut,” kata Novanto di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa.

Ia juga meninjau persiapan infrastruktur yang menunjang kesiapan mudik seperti toilet, mushola, serta ruang tunggu para calon penumpang yang akan menggunakan transportasi kapal laut.

Dalam kunjungan itu, Novanto juga mempertanyakan kepada Pelindo II terkait lamanya bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok sehingga situasi ekspor mengalami penurunan sebesar 30 persen.

"Saya berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang sudah meninjau alur pembongkatan ekspor yang berlangsung di pelabuhan Tanjung Priok . Tentu harus ada koordinasi antara kementerian terkait seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Perdagangan untuk membahas masalah banyaknya dokumen tentang ekspor yang harusnya bisa sehari, namun selama ini harus memakan waktu selama tiga hari, dan masalah ini harus secepatnya diselesaikan," kata Novanto.

Setelah memantau kesiapan angkutan laut di Pelabuhan Tanjung Priok, Ketua DPR Ri beserta rombongan menuju Stasiun Senen guna melihat kesiapan transportasi kereta api yang akan mengangkut penumpang saat mudik.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015