Untuk tahun ini sesuai keputusan rapat PHBI kegiatan takbir keliling Lebaran tidak dilombakan sehingga semua warga Muslim dan ormas Islam dapat berpartisipasi
Biak (ANTARA News) - Panitia hari-hari besar Islam (PHBI) Kabupaten Biak Numfor, Papua memprogramkan pelaksanaan pawai takbir kendaraan keliling kota pada malam menyongsong hari raya Idul Fitri 1436 H yang berlangsung Kamis (16/7) malam.

Ketua Panitia Hari Besar Islam H Andi Firman Madjadi di Biak, Rabu, mengatakan, pelaksanaan pawai takir keliling Idul Fitri 1435 merupakan agenda tahunan umat Islam Biak Numfor setelah menyelesaikan ibadah puasa Ramadhan.

"Untuk tahun ini sesuai keputusan rapat PHBI kegiatan takbir keliling Lebaran tidak dilombakan sehingga semua warga Muslim dan ormas Islam dapat berpartisipasi," katanya.

Andi firman mengatakan, pawai takbir keliling hanya diperbolehkan menggunakan mobil dan dilarang memakai sepeda motor kecuali petugas kepolisian satuan Lalu Lintas yang akan mengawal kegiatan takbir.

Terkait dengan waktu penetapan hari raya Idul Fitri, menurut Ketua Andi Firman, organisasi PHBI tetap mengacu dengan keputusan pemerintah melalui hasil sidang isbath Kementerian Agama.

Dia berharap, ada kesamaan keputusan penetapan hari raya Idul Fitri sehingga dalam pelaksanaan Shalat Ied tidak mengalami perbedaan di tengah umat Muslim Biak.

"Jajaran pengurus PHBI Biak mengimbau ormas Islam dan kaum Muslim di Kabupaten Biak Numfor dapat menunggu keputusan pemerintah dalam penentuan hari raya," imbuhnya.

Selain mengelar takbir keliling, PHBI Biak juga menetapkan pelaksanaan Shalat Ied dipusatkan di lapangan hanggar Cenderawasih Lanud Manuhua Biak dengan khatib dan imam ustad Rahman Sulaiman (Ketua MUI Kabupaten Jayapura).

Pewarta: Muhsidin
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015