Manokwari (ANTARA News) - Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat, Alfons Manibuy mengatakan, dua tahun terakhir wilayah tersebut mampu memberantas Malaria, penyakit yang selama ini masih menakutkan di Papua.

"Teluk Bintuni sekarang menjadi kabupaten yang bebas Malaria di Provinsi Papua Barat, bahkan di seluruh tanah Papua," kata Bupati Alfons, di Manokwari, Rabu.

Dia mengatakan, menjadikan Kabupaten Teluk Bintuni daerah yang bebas Malaria tidak mudah, tetapi harus melalui kerja keras semua komponen masyarakat di daerah itu.

"Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni bekerja sama dengan Perusahaan Gas LNG Tangguh menjalankan program bebas Malaria sehingga saat ini 99 persen masyarakat kabupaten itu bebas malaria," kata Bupati.

Ia mengatakan, hanya tersisa satu persen masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni yang masih terserang Malaria, itu pun di daerah pedalaman terpencil yang jauh dari ibu kota, namun telah dapat diatasi oleh Dinas Kesehatan.

Bupati menyampaikan, ibu kota Kabupaten Teluk Buntuni adalah kawasan bebas Malaria sehingga apabila ditemukan orang terserang malaria, dipastikan orang yang bersangkutan terkena di daerah lain di luar Bintuni.

"Program bebas Malaria Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni dapat terwujud karena tingginya kesadaran masyarakat mendukung program tersebut," tambah Bupati.

Pewarta: Ernes B Kakisina
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015